Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Istana Sebut IKN dan Jakarta Siap Gelar Upacara Kemerdekaan RI

Kasetpres Heru Budi Hartono menyebut bahwa upacara HUT ke-70 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan DKI Jakarta telah siap.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyebut bahwa upacara HUT ke-70 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan DKI Jakarta telah siap.

Heru menjelaskan bahwa kesiapan tersebut mencakup sejumlah aspek seperti halnya pengamanan dan infrastruktur, meskipun tidak memberikan penjelasan lebih rinci.

“Intinya tata upacara militer sudah siap. Persiapan di Jakarta sudah siap, di IKN juga siap, termasuk juga kesiapan pengamanan dan persiapan yang lainnya,” katanya kepada wartawan di bilangan Cideng, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2024).

Dia melanjutkan, pihaknya saat ini tinggal menyesuaikan sejumlah arahan dan perubahan mengenai detail pelaksanaan upacara itu.

Mengenai kesiapan infrastruktur, Heru Budi memuji kinerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dinilai memiliki progres positif.

“Iya [infrastruktur juga siap]. Kementerian PUPR juga bagus progresnya,” pungkas Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, Kementerian PUPR mengungkap progres pembangunan infrastruktur dasar IKN mengalami kemajuan cukup pesat menjelang Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga menjelaskan bahwa konstruksi Istana Negara dan lapangan upacara telah mencapai 87,6%.

Sementara itu, konstruksi Kantor Presiden telah mencapai 88,5%. Menurut Danis, angka tersebut mengacu pada data progres pembangunan per 18 Juli 2024 lalu.

“Saat ini ada 1.300 orang yang bekerja menyelesaikan interior Istana Negara dan 1.400 orang di Kantor Presiden,” jelasnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (26/7/2024).

Adapun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersikeras bahwa perayaan HUT kemerdekaan tahun ini menjadi momentum penting bagi Indonesia untuk mendapatkan sorotan dunia bahwa pemindahan ibu kota negara berjalan pada koridornya.

"Ini untuk pertama kalinya upacara hari ulang tahun ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia ini akan dilaksanakan di IKN tahun 2024 ini. Saya melihat upacara ini akan menjadi perhatian seluruh masyarakat kita, termasuk juga akan menjadi spotlight dunia," ujarnya sebagai pengantar Rapat Terbatas Terkait Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, Senin (10/6/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper