Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP: Elektabilitas Ahok Lampaui Anies versi Survei KIC

PDIP mengungkap bahwa survei terbaru menunjukkan Ahok unggul dibandingkan Anies Baswedan.
Mantan Komisaris PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (tengah), Selasa (7/11/2023).  ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin.
Mantan Komisaris PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (tengah), Selasa (7/11/2023). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin.

Bisnis.com, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) masih memantau hasil survei, sebelum memutuskan mengusung Anies Baswedan atau kader internal dalam kontestasi pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta 2024.

Juru Bicara PDIP Chico Hakim menjelaskan, pihaknya belum mengambil keputusan final untuk Pilkada Jakarta 2024. PDIP, lanjutnya, masih terus mencermati nama-nama kandidat yang selama ini dilempar ke publik.

Chico mengungkap, kandidat dari internal PDIP seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini, mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi; sementara kandidat dari eksternal yaitu mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Itu [nama-nama kandidat] masih kita godok terus dan kita lakukan penjaringan yang betul-betul seksama," ujar Chico kepada Bisnis, Minggu (9/6/2024).

Dia mencontohkan, salah satu cara penjaringan nama-nama kandidat tersebut yaitu dengan melihat hasil survei bakal calon gubernur Jakarta 2024 ke depan.

"Kita lihat dari hasil survei, lihat dari tingkat kepuasan publik apabila yang bersangkutan pernah menjabat sebagai gubernur di DKI Jakarta, dan tentunya variabel-variabel lain," jelasnya.

Hasil Survei

Menurut hasil survei Katadata Insight Center (KIC), kebanyakan responden menilai Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai sosok yang paling pantas menjadi gubernur Jakarta periode 2024-2029. Ahok memperoleh 33,2% suara dalam survei KIC.

Di posisi kedua ada Anies Baswedan, yang dipilih oleh 25,4% responden. Di posisi ketiga, ada nama mantan gubernur Jawa Barat Ridwan yang dipilih 20% responden. Posisi selanjutnya, tertinggal jauh politisi Nasdem Ahmad Sahroni yang hanya dipilih 5,3% responden.

Sisanya, ada nama Sandiaga Uno, Tri Rismaharini, Kaesang Pangarep, hingga Rano Karno. Namun, mereka hanya memperoleh kurang dari 5% suara.

Survei KIC ini melibatkan 1.054 responden yang berdomisili di Jakarta, serta berusia di atas 17 tahun dan memiliki nomor ponsel. Sampel survei diambil dari populasi yang berbasis telco data insight Telkomsel. 

Pengambilan data dilakukan pada 3-9 Mei 2024 secara daring dengan metode non-probability sampling. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ±1,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper