Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 WNI Bantu Pelarian Buron WN Thailand, Ada Ojol hingga Pemilik Kapal

8 warga negara Indonesia (WNI) membantu pelarian buronan kakap Thailand, Chaowalit Thongduan.
Borgol-Ilustrasi/Wire
Borgol-Ilustrasi/Wire

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim) Polri mengungkap bahwa 8 warga negara Indonesia (WNI) membantu pelarian buronan kakap Thailand, Chaowalit Thongduan.

Kabareskrim Polri, Komjen Pol Wahyu Widada menyampaikan delapan WNI itu terlibat dalam pemalsuan identitas hingga turut menemani Chaowalit di Indonesia.

“Ada 8 WNI yang memiliki keterkaitan dengan pelarian dan pemalsuan identitas serta cara bagaimana buronan bertahan hidup selama berada di Indonesia,” ujar Wahyu di Bareskrim Polri, Minggu (2/6/2024).

Dia menambahkan, WNI yang terlibat itu awalnya sudah dikenalkan dengan sindikat Chaowalit di Thailand. Kedelapan WNI ini juga memiliki profesi yang beragam. 

“Delapan orang tersebut ada yang berprofesi sebagai driver ojek online, sopir taksi, agen pengiriman uang, pemilik jasa sewa kapal, dan juga teman buronan selama dalam pelarian di Indonesia,” tambahnya.

Kemudian, selama menjadi buron di Indonesia, salah satu WNI berinisial FS diduga terlibat mempersiapkan identitas palsu Chaowalit yang diganti dengan Sulaiman. Tak tanggung, pemalsuan dokumen itu dilakukan mulai dari KTP, KK dan akta kelahiran menjadi penduduk Aceh Timur.

“Sampai di Indonesia ada WNI inisial FS yang sebelumnya sudah dikenalkan di Thailand untuk membantu buronan membuat identitas palsu sebagai WNI dengan nama Sulaiman,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kabag Jatinter Sekretariat NCB Hubinter Polri Kombes Audie Latuheru menyampaikan pihaknya telah menangkap dua WNI yang membantu dalam pembuatan KTP, Chaowalit.

"Dua WNI ditangkap karena bantu pelariannya. Itu dia ngebantuin itu bikin KTP palsu," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (1/6/2024).

Sebagai informasi, Chaowalit atau Sulaiman ditangkap di Jalan Dewi Sri 12 Nomor 2X, Badung pada Kamis (30/5/2024). Andapun, dia berhasil melarikan diri ke Indonesia dengan menggunakan speedboat dengan memakan waktu 17 jam perjalanan pada akhir 2023.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper