Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik Lebaran 2024, Prakiraan Cuaca Jalur Darat Minggu (14/4) di Seluruh Indonesia

Prakiraan cuaca untuk transportasi darat pada puncak arus balik Lebaran 2024 di seluruh Indonesia pada Minggu (14/4).
prakiraan cuaca jalur transprtasi darat di seluruh Indonesia pada Minggu (14/4/2024) oleh BMKG
prakiraan cuaca jalur transprtasi darat di seluruh Indonesia pada Minggu (14/4/2024) oleh BMKG

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan prakiraan cuaca di seluruh Indonesia pada hari Ini, Minggu (14/4/2024) secara umum cerah, berawan hingga hujan ringan sebagai rujukan pada puncak arus balik pemudik Lebaran 2024.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dimuat dalam situs BMKG, pada Mingu (14/4/2024), jalur transportasi darat di wilayah Pulau Jawa, secara umum adalah cerah dan berawan pada pagi hari.

Meski demikian, BMKG mengimbau masyarakat yang menggunakan transportasi darat di wilayah Jawa untuk mewaspadai potensi hujan pada siang, sore, dan malam hari di sebagian jalur.

Secara umum, prakiraan cuaca di jalur transportasi darat di Pulau Sumatra yang dapat menjadi rujukan pada arus balik mudik lebaran 2024 adalah cerah, berawan hingga hujan dengan intensitas ringan.

BMKG mengimbau masyarakat yang menggunakan transportasi darat di wilayah Sumatra untuk mewaspadai potensi hujan dan petir pada siang, sore, dan malam hari di wilayah Banda Aceh,Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, dan Lampung.

Sementara itu, untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, BMKG memprakirakan cuaca secara umum cerah dan berawan. “ Potensi hujang ringan dan sedang terjadi di wilayah jalur Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur pada sore hari.”

 Untuk jalur transportasi darat di wilayah Pulau Kalimantan, BMKG mencatat prakiraan cuaca cenderung berawan dan hujan ringan. “Waspada hujan disertai petir dan kilat pada pagi, siang, dan sore hari di jalur Kalimantan Barat, Kalteng, dan Kalsel.”

Selanjutnya, BMKG memperkirakan cuaca di jalur transportasi darat di wilayah Sulawesi secara umum adalahberawan hingga hujan sedang, kecuali di bagian utara yang umumnya cerah dan berawan.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan disertai petir dan kilat pada malam hari di wilayah bagian barat Sulawesi.

Untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara, cuaca secara umum pada jalur transportasi darat adalah berawan dan hujan ringan.

“Waspadai hujan disertai petir di wilayah barat daya [Maluku] pada sore hari.”

Pada wilayah Papua, BMKG memprakirakan cuaca di jalur transportasi darat berawan hingga hujan sedang.

“Waspadai hujan disertai petir dan kilat, terutama di sore hari di wilayah barat [Papua],” ungkap BMKG.

Untuk lebih detailnya, BMKG menyebut informasi selengkapnya dapat diakses di www.bmkg.go.id atau unduh aplikasi Info BMKG di Playstore dan Appstore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Gajah Kusumo
Editor : Gajah Kusumo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper