Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peter Pellegrini Menangi Pemilihan Presiden Slovakia

Peter Pellegrini memenangkan pemilihan presiden Slovakia pada hari Sabtu (6/4/2024), mengalahkan kandidat yang disokong Barat, Ivan Korcok.
Bendera Slovakia. Peter Pellegrini memenangkan pemilihan presiden Slovakia pada hari Sabtu (6/4/2024), mengalahkan kandidat yang disokong Barat, Ivan Korcok. /Istimewa
Bendera Slovakia. Peter Pellegrini memenangkan pemilihan presiden Slovakia pada hari Sabtu (6/4/2024), mengalahkan kandidat yang disokong Barat, Ivan Korcok. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Politisi sayap kiri nasionalis Slovakia Peter Pellegrini memenangkan pemilihan presiden negara tersebut pada hari Sabtu (6/4/2024), mengalahkan kandidat yang disokong Barat, Ivan Korcok.

Sebagaimana diketahui, Pellegrini bersama Perdana Menteri Slovakia, Robert Fico secara politik pro terhadap Rusia.

Fico, yang mengambil alih kekuasaan untuk keempat kalinya pada Oktober lalu, telah mengubah kebijakan luar negeri negaranya ke pandangan yang lebih pro-Rusia dan memulai reformasi hukum pidana dan media, yang telah menimbulkan kekhawatiran akan melemahnya supremasi hukum.

Pellegrini memperoleh 53,26% suara, dibandingkan 46,73% untuk kandidat oposisi pro-Barat Ivan Korcok, berdasarkan hasil dari 99,66% daerah pemilihan.

Presiden Slovakia tidak mempunyai banyak kekuasaan eksekutif, namun dapat memveto undang-undang atau menantang undang-undang tersebut di mahkamah konstitusi. Mereka mencalonkan hakim-hakim mahkamah konstitusi, yang mungkin berperan penting dalam pertikaian politik mengenai nasib reformasi Fico, yang secara signifikan akan meringankan hukuman bagi pelaku korupsi.

Koalisi Fico yang mencakup sebuah partai yang dipimpin oleh Pellegrini menghentikan pengiriman senjata resmi Slovakia ke Ukraina dan Fico telah berbicara tentang apa yang disebutnya pengaruh barat dalam perang yang hanya menyebabkan negara-negara Slavia saling membunuh.

Pellegrini, 48 tahun, mengatakan kemenangannya berarti pemerintah akan mendapat dukungan dalam mencapai tujuannya, dan tidak menghadapi “oposisi, pusat kekuatan oportunistik” sehubungan dengan presiden liberal Zuzana Caputova yang akan keluar.

“Saya akan menjadi presiden yang akan mendukung pemerintah dalam upayanya meningkatkan taraf hidup masyarakat,” kata Pellegrini di markas kampanyenya sebagaimana dikutip Reuters.

“Saya akan melakukan segalanya agar Slovakia selamanya berada di sisi perdamaian dan bukan di sisi perang,” tambahnya.

Pellegrini telah menggambarkan Korcok sebagai penghasut perang atas dukungannya untuk mempersenjatai Ukraina dan menyarankan agar ia dapat membawa pasukan Slovakia ke dalam perang di negara tetangga, namun Korcok membantahnya.

Pellegrini, yang dipandang lebih moderat dibandingkan Fico, mengatakan pada hari Sabtu bahwa pemilihannya tidak akan berarti terburu-buru melakukan perubahan mendasar dalam kebijakan luar negeri.

"Ini bukan soal arah masa depan kebijakan luar negeri. Saya juga menjamin, seperti kandidat lainnya, bahwa kita akan terus menjadi anggota UE dan NATO yang kuat," katanya setelah memberikan suara di Rovinka di pinggiran ibu kota.

Korcok mengakui kekalahan dan memberi selamat kepada Pellegrini, namun mengecam kemenangannya dengan menebar ketakutan.

“Sebuah kampanye bisa dimenangkan dengan menjadikan pihak lain sebagai kandidat perang. Saya tidak akan melupakan ini,” kata Korcok di markas kampanyenya. "Faktor penentunya adalah tingginya jumlah pemilih, saya menghormatinya, tapi ketakutanlah yang menentukan...menyebarkan ketakutan dan kebencian.

Korcok, seperti sekutu barat Kyiv, berpendapat bahwa penghentian pasokan ke Ukraina tidak akan membawa perdamaian tetapi kemenangan Rusia.

Korcok, 60 tahun, adalah utusan Slovakia untuk UE dan kemudian menjadi duta besar untuk AS, sebelum mengambil alih portofolio urusan luar negeri di pemerintahan kanan-tengah pada tahun 2021-2022.

Pada saat itu, Slovakia adalah sekutu setia Ukraina, yang menyediakan pertahanan udara dan jet tempur.

Pellegrini, yang kini menjadi ketua parlemen, adalah sekutu lama Fico, yang memilihnya menjadi perdana menteri setelah Fico terpaksa mengundurkan diri di tengah protes publik terhadap korupsi menyusul pembunuhan seorang jurnalis investigasi pada tahun 2018.

Dia kemudian berpisah dari Fico untuk mendirikan partainya sendiri, Hlas (Voice), yang lebih berhaluan tengah dan liberal dibandingkan SMER-SSD yang populis-kiri milik Fico, namun membentuk pemerintahan bersama Fico dan SNS yang nasionalis pada Oktober lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper