Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Massa Demo Pro dan Kontra Hasil Pemilu Mulai Banjiri Depan Gedung KPU

Massa unjuk rasa pro dan kontra hasil Pemilu 2024 mulai berdatangan di Jalan Imam Bonjol, tepatnya di depan gedung KPU
Massa Demo Pro dan Kontra Hasil Pemilu Mulai Banjiri Depan Gedung KPU, Rabu (20/3/2024) / BISNIS - Anshary Madya Sukma
Massa Demo Pro dan Kontra Hasil Pemilu Mulai Banjiri Depan Gedung KPU, Rabu (20/3/2024) / BISNIS - Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA - Massa demo pro dan kontra hasil Pemilu 2024 mulai berdatangan di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan pantauan Bisnis pukul 03.30 WIB di lokasi, massa pro membawa spanduk hingga pamflet seragam yang berisi soal dukungan terhadap hasil Pemilu yang bakal ditetapkan KPU. Nampak, massa pro hasil Pemilu dihadiri dengan sejumlah remaja.

Selain itu, massa demonstrasi ini juga membawa narasi soal tolak pemakzulan Presiden Joko Widodo dan Hak Angket dalam aksi kali ini.

"Dukung KPU dan Bawaslu bekerja tanpa intervensi, belajarlah berjiwa ksatria dan menerima hasil pemilu tahun ini," ujar salah satu orator di mobil komando, Rabu (20/3/2024).

Sementara, massa kontra hasil Pemilu 2024 juga mulai memenuhi tempat yang telah disediakan aparat penegak hukum di depan kantor KPU.

"Kita tidak mengharapkan kemenangan, tapi meminta keadilan dan kebenaran. Kita disini berjuang untuk itu," kata orator massa kontra Pemilu.

Sama halnya dengan kubu pro, para demonstran pada kubu kontra juga membawa sejumlah alat peraga demo mulai dari spanduk "Tolak Pemilu Curang" hingga "Makzulkan Jokowi".

Sementara itu, aparat keamanan telah membagi dua titik di depan kantor KPU. Massa Pro Hasil Pemilu ditempatkan dari arah Bundaran HI, sedangkan massa kontra berada di sisi lainnya atau dari Jalan Pangeran Diponegoro, Mentang.

Kedua massa unjuk rasa ini dipisahkan dengan palang beton yang dijaga ketat kepolisian dengan jarak sekitar 100-an meter. Adapun, masih belum diketahui pasti jumlah pendemo dari kedua belah pihak.

Hanya saja Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro memperkirakan aksi demonstrasi kali bakal dihadiri oleh 2000-an massa.

"Perkiraan masa, nanti kita lihat perkembangan, mungkin sekitar, baik itu masa pro, masa kontra itu kurang lebih masing-masing 1000 sampai 2000," ujarnya di KPU.

Sebagai informasi, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol, Ade Ary Indardi menyampaikan pihaknya bakal mengerahkan 4.376 personel untuk dikerahkan di sejumlah titik.

Perinciannya, 550 personel di Monas, di Bawaslu 530 personel, di DPR RI 940 personel dan paling banyak akan ditempatkan di KPU sebanyak 2.355 personel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper