Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Ratu Ngadu Bonu Wulla, Caleg Nasdem yang Mundur Meski Suaranya Tertinggi

Ratu Ngadu Bonu Wulla, caleg DPR RI dari Partai NasDem di dapil NTT II diklaim mengajukan surat pengunduran diri kendati perolehan suaranya tertinggi.
Siluet jurnalis mengamati data rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 di kantor KPU, Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha
Siluet jurnalis mengamati data rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 di kantor KPU, Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Ratu Ngadu Bonu Wulla, calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai NasDem menjadi pusat perhatian dalam beberapa waktu terakhir.

Pasalnya, caleg DPR RI Partai NasDem nomor urut 5 di daerah pemilihan (dapil) Nusa Tenggara Timur II itu diklaim mengajukan surat pengunduran diri.

Surat pengunduran diri Ratu Ngadu Bonu Wulla itu langsung disampaikan saksi dari Partai NasDem kepada Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz yang sedang memimpin "Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional" panel B, Selasa (12/3/2024).

"Baik, terima kasih untuk saksi dari Partai NasDem. Tentu, suratnya kami terima. Nanti kami akan pelajari sendiri," kata Mellaz, seperti dilansir Antara.

Mellaz lantas menekankan tidak akan menyampaikan substansi dari surat pengunduran diri tersebut dalam forum rekapitulasi.

"Kami juga tidak akan sampaikan di forum ini substansinya apa karena yang pasti ini kan prosesnya memang rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilu, baik Presiden-Wakil Presiden, DPR dan DPD untuk Provinsi NTT," ujarnya.

Saksi dari Partai NasDem itu menyatakan bahwa surat pengunduran diri tersebut merupakan surat dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Saya ingin menyampaikan ada surat dari Ketua Umum Partai NasDem pada KPU dan juga nanti ditembuskan kepada Bawaslu [Badan Pengawas Pemilu] RI terkait dengan pengunduran diri calon anggota legislatif nomor urut 5 di NTT II," ujar saksi tersebut.

Saksi dari Partai NasDem menjelaskan alasan pengunduran diri Ratu Ngadu Bonu Wulla adalah sesuai dengan kehendak yang bersangkutan.

"Alasan pengunduran diri sesuai dengan kehendak yang bersangkutan dan di atas materai. Dan untuk itu karena suratnya ke KPU RI, saya tidak berhak untuk membacakan, dan lampirannya juga ada di dalamnya. Dengan demikian perlu kami sampaikan dalam forum terbuka ini bahwa calon anggota legislatif Partai NasDem nomor urut 5 Dapil NTT II menyatakan mengundurkan diri," katanya.

Pengunduran diri Ratu Ngadu Bonu Wulla itu mencuri perhatian publik lantaran perolehan suara legislator DPR RI periode 2019–2024 menjadi yang tertinggi di Partai NasDem untuk dapil NTT II.

Berdasarkan rekapitulasi yang disahkan KPU RI, Ratu Ngadu Bonu Wulla meraih 76.331 suara.

Anggota Komisi IX DPR RI tersebut memperoleh suara terbanyak dibandingkan enam calon lainnya dari Partai NasDem di Dapil NTT II. 

Ratu Ngadu Bonu Wulla mengungguli kompatriotnya di posisi kedua yang ditempati caleg nomor urut 1 Victor Bungtilu Laiskodat. Gubernur NTT periode 2018–2023 itu mendapatkan 65.359 suara.

Adapun, secara keseluruhan Partai NasDem dan calegnya mendapatkan 207.732 suara, meliputi 10.831 orang yang memilih partainya saja.


PROFIL RATU WULLA

Dilansir dpr.go.id, Ratu Ngadu Bonu Wulla merupakan anggota DPR periode 2019–2024 dari Fraksi Partai Nasdem dari dapil NTT II. Wanita kelahiran Waikabubak, Sumba Barat, NTT, pada 12 Oktober 1979 itu merupakan lulusan S1 teknik sipil dari Universitas Mataram pada 2002.

Ratu Wulla juga memiliki pengalaman di bidang wirausaha dalam riwayat pekerjaannya. Terakhir kali, dia menjadi Asesor Akreditasi Lembaga PNFI Bidang Kursus & Kelembagaan, Sebagai: Asesor Akreditasi Lembaga PNFI Bidang Kursus & Kelembagaan pada 2016.

Ratu Wulla juga memiliki pengalaman organisasi. Dia pernah menjadi pengurus Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, bidang Pemberdayaan Anggota pada periode 2003–2008. 

Ratu Wulla juga pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Pemuda Pancasila NTB pada 2005–2008. Selain itu, dia pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia GAMKI NTB pada 2006.

Di partainya, Ratu Wulla menjabat sebagai Wakil Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Sumba Barat Daya pada 2014–2019.

Terakhir, dia menjabat Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Sumba Barat Daya pada 2018–2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper