Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Aturan Buka Puasa di MRT Jakarta Selama Ramadan 2024

Buka puasa di dalam fasilitas MRT diperbolehkan hingga 10 menit setelah azan maghrib.
Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) melintas di Stasiun Asean, Jakarta, Minggu (4/12/2022). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) melintas di Stasiun Asean, Jakarta, Minggu (4/12/2022). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — PT MRT Jakarta (Perseroda) mengumumkan kebijakan khusus terkait buka puasa di fasilitas MRT selama Ramadan 2024.

Pada saat jam berbuka puasa tiba, MRT Jakarta memperbolehkan para penumpangnya untuk membatalkan puasa ketika berada di area berbayar stasiun serta di dalam rangkaian kereta.

Kendati demikian, terdapat batasan jenis makanan dan minuman yang diperkenankan dalam peraturan ini. MRT Jakarta hanya memperbolehkan air mineral/minuman dalam botol minum (tumbler) serta kurma.

"Yang tidak diperbolehkan: Nasi serta lauk pauk, makanan kecil, makanan siap saji dan sejenisnya, teh, kopi, sirup, soda, dan/atau minuman selain air mineral," demikian keterangan MRT Jakarta melalui akun Instagram @mrtjkt, Senin (11/3/2024).

Selain itu, terdapat pelbagai ketentuan lain yang perlu diperhatikan para penumpang yang hendak membatalkan puasa. 

MRT Jakarta membatasi waktu untuk membatalkan puasa maksimal 10 menit sejak azan magrib dikumandangkan.

Para penumpang juga diimbau untuk menjaga kebersihan di area stasiun dan rangkaian kereta, salah satunya dengan menyimpan dan tidak membuang sampah sampai menemukan tempat sampah terdekat.

Adapun, moda transportasi lainnya seperti KRL Commuter Line juga menerapkan aturan serupa selama Ramadan berlangsung. PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter memperbolehkan penggunanya berbuka puasa dengan makanan dan minuman ringan dalam KRL.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan bahwa ketentuan berlaku selama 1 jam setelah waktu berbuka puasa atau azan magrib yang akan diinformasikan petugas dalam perjalanan KRL maupun seputar area stasiun. 

"Untuk berbuka puasa di dalam commuter line, pengguna diimbau berbuka dengan makanan dan minuman ringan secara tidak berlebihan, hindari juga makanan atau minuman yang berbau menyengat untuk kenyamanan bersama," ujar Anne dalam keterangannya, Senin (11/3/2024).

Selain itu, KAI Commuter juga bakal menyediakan fasilitas dispenser air minum gratis atau water station yang bisa diakses oleh seluruh pengguna KRL. Fasilitas itu baru tersedia di Stasiun Juanda, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper