Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Solihin GP, Mantan Gubernur Jabar yang Wafat Hari Ini

Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Solihin Gautama Purwanegara atau Solihin GP meninggal dunia pada Selasa (5/3/2024). Ini profil Solihin GP
Profil Solihin GP, Mantan Gubernur Jabar yang Wafat Hari Ini. Mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP / Humas Pemprov Jabar
Profil Solihin GP, Mantan Gubernur Jabar yang Wafat Hari Ini. Mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP / Humas Pemprov Jabar

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Solihin Gautama Purwanegara atau Solihin GP meninggal dunia pada Selasa (5/3/2024).

Solihin GP atau biasa disapa Mang Ihin itu merupakan mantan Gubernur Jawa Barat pada periode 1970-1975. Dia dilahirkan sejak 97 tahun yang lalu, yakni pada 21 Juli 1926.

Dia mengenyam bangku pendidikan di antaranya, yaitu Europeesche Lagere School (ELS), Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) Bogor, Sekolah Staf Komando Angkatan Darat, dan US Army Infantry School.

Adapun sebelum dia menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, Solihin GP mengawali karirnya di dunia militer terlebih dahulu.

Dia pernah menjabat sebagai komandan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di Kabupaten Bogor, dan bergabung dengan Divisi Siliwangi, dengan pangkat terakhirnya di TNI adalah sebagai Letnan Jenderal.

Selama karirnya, Solihin GP dikenal di masyarakat berkat langkahnya dalam mengatasi krisis pangan di Indramayu, dengan memasyarakatkan padi yang disebut gogo rancah.

Selain itu, dia juga dikenal dengan sebutan sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi. Dia juga merupakan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS). Lebih lanjut, berikut ini perjalanan karir Solihin GP selama hidupnya, antara lain: 

- (1954-1956) Guru SSKAD di Bandung

- (1964-1968) Panglima Kodam XIV/Hasanuddin di Makassar

- (1968-1970) Gubernur Akabri Umum dan Darat di Magelang

- (1970-1975) Gubernur Jawa Barat

- (1977-1992) Sekretaris Pengendalian Operasional Pembangunan

- (1992-1997) Anggota Dewan Pertimbangan Agung

- (1998) Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat

Seperti diketahui, berdasarkan informasi terakhir, Solihin Gautama Purwanegara dikabarkan telah meninggal dunia, pada Selasa (5/3/2024) sekitar pukul 03.09 WIB.

Kabar tersebut diungkap oleh juru bicara keluarga Solihin GP, yang juga menjabat sebagai Kabid Infokom Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), Taufan Suranto.

"Innalilahi Wainnailaihi Rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Letnan Jenderal TNI Purn. H. Solihin GP (Mang Ihin) sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, Pejoang Lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) di usia 97 tahun pada hari Selasa 5 Maret 2024 jam 03.09 WIB di RS Advent Bandung," katanya di Instagram pribadinya, dini hari tadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper