Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mayoritas Penerima Bansos Pilih Prabowo-Gibran di Pemilu 2024

Hal itu menjadi temuan dalam dua survei dari dua lembaga berbeda untuk menjaring persepsi publik mengenai penyelenggaraan Pemilu atau Pilpres 2024.
Lukman Nur Hakim,Oktaviano DB Hana,Sholahuddin Al Ayyubi
Minggu, 25 Februari 2024 | 18:10
Ilustrasi masyarakat memasukan kertas pilihan ke kotak suara/dok. YouTube KPU
Ilustrasi masyarakat memasukan kertas pilihan ke kotak suara/dok. YouTube KPU

Bisnis.com, JAKARTA — Mayoritas penerima bantuan sosial atau bansos merupakan pemilih pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Hal itu menjadi temuan dalam dua survei untuk menjaring persepsi publik mengenai penyelenggaraan Pemilu atau Pilpres 2024. 

Survei yang diselenggarakan oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa bansos dari Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin telah menjadi kunci kemenangan Prabowo-Gibran atas suara rakyat di Pemilu 2024. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa sebanyak 59,7% responden mengaku pernah menerima bansos dari Pemerintah kemudian memilih Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024.  

Kemudian, kata Burhanuddin sekitar 23% responden juga pernah menerima bansos pemerintah dan memilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Lalu sisanya 17,3% memilih Ganjar Pranowo dan Mahfud Md," tuturnya di Jakarta, Rabu (21/2/2024). 

Selanjutnya, kata Burhanuddin, sebanyak 60% responden yang sampai saat ini masih menerima bansos dari pemerintah menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo-Gibran.

Kemudian, sekitar 22,5% responden penerima bansos sampai saat ini memilih pasangan Anies-Muhaimin dan 17,6% penerima bansos memilih Ganjar-Mahfud Md. 

"Pernah menerima atau masih menerima bansos, dukungan terhadap Prabowo dan Gibran masih jadi mayoritas," katanya.

Survei Indikator Politik Indonesia tersebut dilakukan terhadap 2.975 responden dari 3.000 tempat pemungutan suara atau TPS. Survei yang dilakukan pada 14 Februari 2024 di seluruh Indonesia itu pun memiliki margin of error (MOE) sekitar 1,8%.


SURVEI LSI

Survei nasional yang dihelat Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan bertajuk “Persepsi Publik Tentang Pelaksanaan Pemilu 2024” menunjukkan kecenderungan serupa.

Survei ini sebenarnya secara umum memaparkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024. Namun, survei itu turut membahas korelasi tingkat pemilih pasangan calon presiden dan wakil presiden dengan penerimaan bansos.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan menyampaikan bahwa pihaknya menanyakan soal bansos dengan pertanyaan “apakah menerima bansos?”. Hasilnya, 24% masyarakat mengaku menerima bansos dan 74% menyatakan tidak pernah atau tidak menerima bansos.

Dari 24% penerima bansos, jelasnya, mayoritas memilih paslon 02. Secara terperinci, sekitar 17,6% penerima bansos memilih paslon Anies-Cak Imin, 69,3% memilih Prabowo-Gibran, dan 13,1% memilih Ganjar-Mahfud. 

“Di kalangan yang menerima bansos, yang 24% tadi, 69% mendukung 02. Hampir sama tuh 17,6% dan 17,8% mendukung pasangan 01 dan pasangan 03,” kata Djayadi dalam Pemaparan Rilis Temuan Survei Nasional LSI: Persepsi Publik Tentang Pelaksanaan Pemilu 2024, Minggu (25/2/2024).

Sementara itu, pemilih yang tidak menerima bansos tetapi memilih Anies-Cak Imin mencapai 28,2%. Publik yang tidak menerima bansos dan memilih Prabowo-Gibran mencapai 54%, serta memilih Ganjar-Mahfud 17,8%.

“Di kalangan penerima bansos itu dukungannya paling banyak cenderung di pasangan 02. Tapi di kalangan tidak menerima bansos juga dukungannya mayoritas di pemilih 02, 54%, tapi dukungannya lebih rendah,” ujarnya.

Kemudian dari segi partai, Djayadi menilai bahwa masyarakat yang mengaku tidak menerima bansos cenderung lebih tinggi memilih PKB, PDIP, dan PKS. 

Sementara angka penerima bansos dan tidak menerima untuk pemilih Gerindra hampir sejajar, yakni di 12,4% dan 12,6%.

“Tingkat kepuasan penerima bansos yang 24% itu mengaku sangat puas dan pilihannya tentu saja menjadi lebih banyak di 02. Jadi Tingkat kepuasan bansos berkorelasi positif dengan dukungan 02,” ucap Djayadi.

Survei LSI ini diselenggarakan pada 19-21 Februari 2024 dengan jumlah 1.211 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Wawancara responden lewat telepon dan dipilih menggunakan teknik random digit dialing, dengan margin of error kurang lebih 2,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper