Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekam Jejak Hadi Tjahjanto: Eks Panglima TNI yang Dilantik Jadi Menko Polhukam

Berikut rekam jejak Hadi Tjahjanto, eks Panglima TNI yang resmi dilantik Presiden Jokowi menjadi Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD.
Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto yang resmi dilantik menjadi Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD./ Bisnis - Arief Hermawan P
Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto yang resmi dilantik menjadi Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD./ Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto resmi menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dalam reshuffle kabinet pada hari ini, Rabu (21/2/2024).

Hadi akan menyerahkan jabatannya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mulai hari ini, Rabu (20/2/2024).

Hadi Tjahjanto resmi dilantik sebagai Menteri ATR/BPN pada 15 Juni 2022 menggantikan posisi Sofyan Djalil yang telah mengisi pos Menteri ATR/BPN sejak 2016. 

Setelah meninggalkan posnya, Hadi dilantik sebagai Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD yang telah mundur untuk ikut kampanye pemilihan presiden dan calon wakil presiden akhir Januari 2024.

Adapun, sebelum menjabat sebagai Menteri ATR/BPN, dirinya mengisi beberapa pos penting di tubuh TNI, termasuk sebagai Panglima TNI pada 2017-2021 lalu.

Pria kelahiran Malang, 8 November 1963 ini merupakan putra pertama dari lima bersaudara dari pasangan Bambang Sudarto dan Nur Sa'adah. Hadi menikah dengan Nanik Istumawati dan dikaruniai 2 orang anak yang bernama Hanica Relingga Dara Ayu dan Lettu Pb Handika Relangga Bima Yogatama. 

Hadi menyelesaikan pendidikan SD pada tahun 1976. Kemudian, menyelesaikan pendidikan SMP pada tahun 1979, diikuti oleh pendidikan SMA pada tahun 1982. Ia berhasil diselesaikan S1 pada tahun 1997.

Setelah itu, Hadi masuk ke Akademi Angkatan Udara dan lulus pada 1986 dan kemudian melanjutkan ke Sekolah Penerbang TNI AU pada 1987. Dia kemudian melanjutkan pendidikan militer di Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (1995), Sekolah Instruktur Penerbangan (1999), College Interarmes De Defence (Sesko Perancis) (2001), Sekolah Staf dan Komando TNI (2009) serta PPSA Lemhannas (2015).

Hadi kemudian melanjutkan pendidikan S2 dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia di jurusan Manajemen Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma pada 2017.

Karier Hadi di dunia militer diawali dengan menjadi perwira penerbang Skadron 04 Land Abdurahman Saleh. Kemudian, dia berhasil menduduki sejumlah jabatan penting seperti Danlanud Smo, Kadispenau, Danlanud Abd dan Irjen Kemhan RI.

Hadi juga pernah turut serta dalam beberapa operasi dan latihan TNI, diantaranya adalah Penugasan Operasi Rajawali Papa dan Penugasan Operasi Rencong Aceh.

Pada Januari 2017 hingga 2018, Hadi menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU). Kemudian, pada periode 2017-2021, dia menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hadi menjadi Panglima TNI kedua yang berasal dari Angkatan Udara menyusul Djoko Suyanto pada yang mengisi pos tersebut pada 2006-2007 lalu.

Selama berkarier di TNI Angkatan Udara, Hadi memperoleh beragam penghargaan, diantaranya adalah Bintang Yudha Dharma Utama, Bintang Dharma, Bintang Kartika Eka Paki Utama, Bintang Jalasena Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama.

Selanjutnya, dia juga menerima Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Swa Buwana Paksa Nararya, SL. Kesetiaan 8 Tahun, 16 Tahun. 24 Tahun, Dharma Nusa, SL. Gom IX Rasaka Dharma (Papua), SL. GOM VIl (Aceh), SL. Wira Nusa, SL. Wira Dharma, SL. Wira Siaga, SL. Dwidya Sistha dan SL. Bhakti Sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper