Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Cucu Presiden Berebut Kursi DPR, Titiek Soeharto, Ibas, Puan Kuasai Dapil di Pileg 2024

Para anggota keluarga keturunan dari presiden maupun wakil presiden ikut mencoba peruntungan di pemilihan calon anggota legislatif (pileg) 2024.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani menunjukan jari seusai menggunakan hak suara di tempat pemungutan suara (TPS) 053 Kebagusan, Jakarta, Rabu (14/2/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani menunjukan jari seusai menggunakan hak suara di tempat pemungutan suara (TPS) 053 Kebagusan, Jakarta, Rabu (14/2/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Para anggota keluarga keturunan dari presiden maupun wakil presiden ikut mencoba peruntungan di pemilihan calon anggota legislatif (pileg) 2024. Mereka ikut berkontestasi sebagai caleg DPR periode 2024-2029. 

Berdasarkan catatan Bisnis, beberapa anak presiden dan wakil presiden diketahui maju sebagai caleg anggota DPR. Misalnya, anak dari Presiden ke-2 Soeharto Titiek Soeharto. Putri Presiden ke-2 Soeharto bernama lengkap Siti Hediati Soeharto itu maju sebagai caleg DPR daerah pemilihan (dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari Partai Gerindra. 

Sampai dengan sore ini, Senin (19/2/2024), Titiek berhasil meruap 66.650 suara atau terbesar kedua di dapil DIY. Titiek bertanding di dapil yang sama dengan anak tokoh pejabat lain yaitu Hanum Salsabiela Rais atau Hanum Rais dari Partai Ummat. Hanum adalah putri mantan Ketua MPR Amien Rais. 

Anak dan cucu dari Presiden ke-5 sekaligus Wakil Presiden ke-8 Megawati Soekarnoputri juga ikut maju dalam kontestasi Pileg 2024. Putri dari Megawati-Taufik Kiemas, Puan Maharani maju sebagai caleg DPR dapil Jawa Tengah V dari PDI Perjuangan (PDIP). Ketua DPR petahana itu saat ini sudah berhasil meraup 178.759 suara. 

Anak Puan, atau cucu Megawati, yakni Diah Pikatan O. Putri Haprani juga maju dari PDIP dan kini berhasil meraup 61.452 suara di dapil Jawa Tengah IV. Ini pertama kali Diah Pikatan maju dalam pileg. 

Di sisi lain, Puti Guntur Soekarno kini juga maju sebagai caleg dapil Jawa Timur I dari PDIP. Cucu Presiden pertama Soekarno, atau anak dari Guntur Soekarnoputra itu sudah memperoleh 37.134 suara sampai dengan saat ini.

Adapun, putra dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY meraup suara tertinggi di dapil Jawa Timur VII. Dapil itu terkenal sebagai dapil pemenangan SBY yang meliputi Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan dan Magetan. 

Putra SBY dimaksud yaitu Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas. Anggota DPR petahana itu berhasil meraup 240.691 suara di dapil Jawa Timur VII. 

Kemudian, putri dari Wakil Presiden ke-13 Maruf Amin, Siti Mamduhah Ma'ruf Amin turut maju sebagai caleg DPR dapil Jawa Barat XI. Siti maju dari Partai Amanat Nasional dan memperoleh 16.225 suara sampai dengan saat ini. 

Sementara itu, secara nasional, data yang sudah masuk mengenai perolehan suara partai politik saat ini mencapai 56,84%. PDI Perjuangan atau PDIP mendapatkan 10,59 juta suara (16,63%); Golkar 9,37 juta (14,71%); dan Gerindra 8,35 juta suara (13,11%). 

Selanjutnya, PKB 7,38 juta suara (11,59%); Nasdem 5,8 juta suara (9,21%); PKS 4,73 juta suara (7,43%); Demokrat 4,69 juta suara (7,37%); PAN 4,36 juta suara (6,85%); serta PPP 2,62 juta suara (4,12%). 

Sementara itu, suara partai politik peserta Pemilu seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Ummat, Partai Garda Republik Indonesia dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) belum berhasil mencapai 4%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper