Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Real Count KPU Pileg 2024, Menteri Jokowi Menanti Nasib Lolos ke Senayan

Proses penghitungan suara Pemilu 2024 oleh KPU atau real count terus bergulir, termasuk untuk calon anggota legislatif (caleg) DPR periode 2024-2029.
Berdasarkan perhitungan cepat (Quick Count) Indikator, LSI dan Poltracking terdapat 8 parpol yang lolos ke DPR RI/Bisnis-HTA
Berdasarkan perhitungan cepat (Quick Count) Indikator, LSI dan Poltracking terdapat 8 parpol yang lolos ke DPR RI/Bisnis-HTA

Bisnis.com, JAKARTA - Proses penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau real count terus bergulir, termasuk untuk calon anggota legislatif (caleg) DPR periode 2024-2029. Sejumlah menteri kabinet dan pejabat di lingkungan Istana saat ini ikut berkontestasi.

Sejumlah jajaran menteri dan wakil menteri di bawah Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, diketahui ikut maju dalam pemilihan calon anggota legislatif (pileg) tahun ini. Ada juga pejabat di lingkungan Istana Kepresidenan. 

Misalnya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito atau Dito Ariotedjo, serta Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga. 

Kemudian, Wamenaker Afriansyah Noor, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesodibjo, serta Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini. 

Berdasarkan partai asal, Yasonna Laoly maju dari PDI Perjuangan (PDIP); Ida Fauziyah dan Abdul Halim Iskandar dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB); Dito Ariotedjo dan Jerry Sambuaga dari Partai Golkar. 

Selanjutnya, Afriansyah Noor maju dari Partai Bulan Bintang; Raja Juli Antoni dan Faldo Maldini dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI); dan Angela Tanoe dari Partai Perindo. 

Berikut perolehan suara masing-masing pejabat pemerintahan Presiden Jokowi itu serta masing-masing daerah pemilihan (dapil) per sore ini, Senin (19/2/2024):

1. Menkumham Yasonna Laoly - Dapil Sumatra Utara I (11.534)

2. Menaker Ida Fauziyah - Dapil DKI Jakarta II (30.329)

3. Abdul Halim Iskandar - Dapil Jawa Timur VIII (84.813)

4. Menpora Dito Ariotedjo - Dapil DKI Jakarta I (16.997)

5. Wamendag Jerry Sambuaga - Dapil Sulawesi Utara (40.004)

6. Wamenaker Afriansyah Noor - Dapil Jawa Barat V (2.534)

7. Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni - Dapil Riau I (13.636)

8. Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo - Dapil Jawa Timur I (15.787)

9. Stafsus Mensesneg Faldo Maldini - Dapil DKI Jakarta I (16.989)

Sementara itu, secara nasional, data yang sudah masuk mengenai perolehan suara partai politik saat ini mencapai 56,84%. PDI Perjuangan atau PDIP mendapatkan 10,59 juta suara (16,63%); Golkar 9,37 juta (14,71%); dan Gerindra 8,35 juta suara (13,11%). 

Selanjutnya, PKB 7,38 juta suara (11,59%); Nasdem 5,8 juta suara (9,21%); PKS 4,73 juta suara (7,43%); Demokrat 4,69 juta suara (7,37%); PAN 4,36 juta suara (6,85%); serta PPP 2,62 juta suara (4,12%). 

Sementara itu, suara partai politik peserta Pemilu seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Ummat, Partai Garda Republik Indonesia dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) belum berhasil mencapai 4%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper