Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reaksi Pemerintah Amerika (AS) Atas Hasil Pemilu RI, Beri Pesan Kepada Prabowo-Gibran?

Disebut juga bahwa Indonesia adalah mitra dekat Amerika Serikat (AS) berdasarkan prinsip-prinsip Kemitraan Strategis Komprehensif (CSP).
Bendera Amerika Serikat/WallpaperCave
Bendera Amerika Serikat/WallpaperCave

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Amerika Serikat (AS) memberikan ucapan selamat bagi Indonesia yang telah menyelesaikan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Negara yang dipimpin oleh Joe Biden itu juga menyampaikan harapan bagi presiden berikutnya. Seperti diketahui, berdasarkan hasil final sejumlah lembaga survei, Calon Presiden Prabowo - Gibran kemungkinan besar akan memimpin Indonesia 5 tahun ke depan. 

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Matthew Miller mengucapkan selamat bagi masyarakat Indonesia atas partisipasinya yang tinggi. 

“Pemungutan suara ini merupakan bukti ketangguhan dan kekuatan komitmen masyarakat Indonesia terhadap proses demokrasi serta lembaga-lembaga pemilihan umum,” jelas Miller, dalam pernyataan persnya pada Kamis (15/2/2024) 

Miller menuturkan bahwa AS menantikan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai hasil resmi pemilu. Ia juga menyampaikan mengenai perayaan 75 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia. Pihaknya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintah Indonesia berikutnya, beserta dengan lembaga-lembaga legislatif untuk mewujudkan prioritas bersama. 

Adapun, prioritas tersebut adalah memberikan manfaat bagi masyarakat kedua negara, termasuk mengenai  perubahan iklim, memastikan kawasan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, dan menjaga stabilitas internasional.

Disebut juga bahwa Indonesia adalah mitra dekat dari Paman Sam, yang dipandu dengan prinsip-prinsip Kemitraan Strategis Komprehensif (CSP).

Bersama dengan pemerintahan baru di Indonesia, ia mengatakan bahwa AS dan Indonesia akan bekerja untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi kedua warga negara dan mengatasi tantangan yang paling mendesak di abad ke-21.

Sebagai catatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 13 November 2023 melakukan kunjungan ke Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Adapun, kunjungan tersebut menghasilkan Kemitraan Strategis Komprehensif (CSP).

Kemudian, akhir-akhir ini, diketahui bahwa Wakil Kepala Misi AS di Indonesia Jason P. Rebholz dalam kunjungannya ke Indonesia menuturkan bahwa lebih dari 100 perusahaan menunjukan minat pada infrastruktur energi bersih senilai lebih dari US$100 miliar atau sekitar Rp1.500 triliun. Hal tersebut dikatakan di tengah pembahasan mengenai kemajuan Just Energy Transition Partnership (JETP).

Update Hasil Quick Count LSI dengan Data 97,75%

Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan hitung cepat atau quick count hasil Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 di seluruh provinsi di Indonesia. Menurut quick count yang dilakukan LSI hingga Kamis (15/2/2024) pukul 10.10 WIB, paslon nomor 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih unggul dibandingkan para persaingannya, paslon nomor 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon nomor 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Berdasarkan hasil quick count sementara dengan data masuk 97,75%, pasangan capres dan cawapres Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 57,50% suara. Paslon ini berhasil unggul di seluruh atau 9 zona berdasarkan pembagian wilayah sampel dari hasil quick count Pilpres 2024 yang diselenggarakan LSI. 

Adapun paslon Anies-Muhaimin berada di urutan kedua dengan perolehan suara 25,25%, menurut rilis LSI. Paslon Ganjar-Mahfud berada di posisi paling bontot dengan 17,26% suara hingga Kamis (15/2/2024) pukul 10.10 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper