Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suasana Nyoblos di Rutan KPK, Ada Eko Darmanto hingga Reyna Usman

Pencoblosan di TPS KPK terbagi menjadi tiga kloter yakni, Rutan Gedung Merah Putih (K4), Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (C1), dan Rutan Pomdam Jaya Guntur.
Suasana pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau TPS 901 berlangsung tertib/Bisnis- Anshary Madya
Suasana pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau TPS 901 berlangsung tertib/Bisnis- Anshary Madya

Bisnis.com, JAKARTA - Suasana pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau TPS 901 berlangsung tertib.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi, pencoblosan dimulai sekitar 07.46 WIB setelah sebelumnya tahanan KPK mulai berdatangan dari mobil minibus berwarna hitam.

Rombongan tahanan itu dijaga ketat oleh anggota Polisi yang kemudian masuk ke ruang TPS KPK untuk menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2024.

Dalam pelaksanaan pencoblosan, petugas KPU melakukan pemanggilan satu per satu terhadap tahanan KPK. Kemudian, para tahanan itu melakukan pencoblosan di bilik suara yang telah disediakan KPK di Rutan Gedung Merah Putih.

Setelah mencoblos, rombongan rompi oranye itu kemudian kembali memasuki mobil untuk kembali menjalani masa hukumannya di Rutan masing-masing.

Adapun, dalam pencoblosan di TPS KPK terbagi menjadi tiga kloter yakni, Rutan Gedung Merah Putih (K4), Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (C1), dan Rutan Pomdam Jaya Guntur.

Hingga 09.53 WIB baru dua rombongan yang telah melakukan pencoblosan, yakni Rutan C1 dan Pomdam Jaya Guntur. Dalam rombongan tersebut, terdapat nama yang sempat menuai sorotan di kasus KPK yakni Eko Darmanto selaku eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta.

Kemudian, eks Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kemnaker RI 2011-2015 sekaligus anak buah Cak Imin kala itu, Reyna Usman.

Selain itu, ada juga mantan Sekjen Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono, Pejabat Pembuat Komitmen Pengadaan Sistem Proteksi TKI TA 2012, I Nyoman Darmanta (IND).

Saat digiring menuju ruang TPS, sesekali para tahanan KPK menyapa awak media dengan melambaikan tangan. Bahkan, ada tahanan KPK yang mengacungkan pose dua jari khas paslon 02 Prabowo-Gibran yakni Kristian Wuisang.

Sementara itu, sejauh ini eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo  maupun mantan pegawai pajak Rafael Alun Trisambodo belum terlihat menyoblos di TPS Rutan KPK.

Diberitakan sebelumnya, Kabag Pemberitaan Ali Fikri menuturkan tahanan KPK berjumlah 67 bakal melakukan pencoblosan di Rutan Gedung Merah Putih KPK. Sementara, 8 tahanan KPK akan menyoblos di Rutan Puspomal, sehingga total tahanan KPK mencapai 75 orang.

"Fasilitasi pencoblosan dalam pemilu ini sebagai bentuk komitmen KPK dalam menjamin hak-hak dasar bagi para Tahanan KPK. Dimana Tahanan sebagai warga negara berhak untuk memilih dalam pemilihan umum," ujar Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper