Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Retno Perjuangkan Perdamaian bagi Palestina dan Ukraina di Forum EU Indo-Pasifik

Menlu RI Retno Marsudi berupaya memperjuangkan perdamaian bagi Palestina dan Ukraina saat bicara dalam European Union Indo-Pacific Ministerial Forum yang ke-3.
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi./Dok. Kementerian Luar Negeri
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi./Dok. Kementerian Luar Negeri

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi berupaya memperjuangkan perdamaian bagi Palestina dan Ukraina saat bicara dalam European Union Indo-Pacific Ministerial Forum yang ke-3. 

Dia mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi dunia dari tahun ke tahun semakin besar, mulai dari perang di Ukraina, situasi Gaza, rivalitas kekuatan besar yang terus berlanjut, hingga kesenjangan kapasitas antar-negara yang menghambat pencapaian SDGs.

Retno menekankan bahwa yang diperlukan dari forum tersebut adalah penguatan kolaborasi, kerja sama, dan kemitraan untuk memajukan kesejahteraan dan stabilitas di Indo-Pasifik. 

"Saya sampaikan kita tidak ingin melihat kawasan Indo-Pasifik menjadi medan rivalitas. Yang kita inginkan adalah Indo-Pasifik sebagai pusat pertumbuhan," katanya, dalam keterangan Sabtu (3/2/2024). 

Selain itu, dia juga menekankan bahwa kerja sama di Indo-Pasifik harus inklusif, konkret, dan berpegang teguh pada hukum internasional dan paradigma kolaborasi. 

Dia menjelaskan bahwa prinsip-prinsip tersebut tertuang di Asean Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) sebagai panduan Asean dalam menavigasi dinamika di kawasan dan berinteraksi dengan mitranya dari luar kawasan.

Kemudian, dia juga menyampaikan bahwa Asean dan UE harus berada di garda depan dalam menjaga konsistensi menghormati hukum internasional guna mencegah "the mighty takes all".

"Hal ini termasuk di dalam isu Palestina di mana lebih dari 7 dekade bangsa Palestina terus menghadapi ketidakadilan," ujarnya. 

Dia menegaskan bahwa Indonesia tidak akan tinggal diam dan akan terus membantu perjuangan bangsa Palestina mendapatkan haknya apapun tantangan yang harus dihadapi. 

"Saya menyerukan kepada UE untuk menggunakan nurani menghentikan kekejaman di Palestina. Sebagai pendukung hukum internasional, Uni Eropa harus konsisten dalam isu Palestina karena konsistensi antara nilai dan perbuatan menunjukkan moralitas kita yang sesungguhnya," ucapnya. 

Adapun di dalam sesi Roundtable I, mengenai geopolitik dan keamanan, Retno juga menekankan beberapa hal.

Pertama, Indonesia dan Asean berkomitmen untuk terus menjadi kontributor utama dalam menciptakan dan menjaga perdamaian serta kemakmuran di Indo-Pasifik.

Menurutnya, Asean telah memiliki konsep yaitu AOIP dan Asean juga telah mulai mengimplementasikannya pada saat keketuaan Indonesia di Asean pada tahun lalu.

"Saya tekankan juga bahwa Asean membuka pintu untuk bermitra dengan semua pihak termasuk dengan Uni Eropa. Dan saya jelaskan mengenai prioritas-prioritas kerja sama yang diinginkan Asean sesuai AOIP, yaitu konektivitas, infrastruktur, pencapaian SDGs, perdagangan, dan investasi," ujarnya.

Kedua, dia menekankan di dalam Roundtable yang pertama itu adalah Asean dan UE adalah mitra dalam “safeguarding” penghormatan terhadap hukum internasional dan multilateralisme. 

Dia menjelaskan bahwa hal itu juga disebut oleh HRVP Josep Borrel pada saat pembukaan dan dia menekankan kembali dalam intervensinya. 

"Penghormatan terhadap hukum internasional ini harus berlaku untuk semua isu, baik Ukraina maupun Palestina dan Gaza. Konsistensi dalam penerapan kembali saya tekankan," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper