Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahfud Pilih Mundur, Wapres Pastikan Kinerja Kabinet Tak Terganggu

Wapres RI Ma'ruf Amin menilai keputusan Mahfud merupakan hak yang harus dihargai sebagai warga negara yang tengah mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden.
Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024/tangkapan layar Youtube/Novita Sari Simamora
Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024/tangkapan layar Youtube/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin memastikan bahwa kinerja Kabinet Indonesia Maju (KIM) tidak terganggu meski Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md merealisasikan rencananya untuk mengundurkan diri.

Menurutnya, keputusan dari Mahfud merupakan hak yang harus dihargai sebagai warga negara yang tengah mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden (cawapres).

“Tentu pasti akan dijabat atau ditunjuk menteri yang definitif yang tahu persis persoalan yang terkait dengan polhukam. Oleh karena itu saya kira tidak akan terlalu mengganggu ya,” ujarnya dikutip melalui siaran Youtube Sekretariat Wapres, Minggu (28/1/2024).

Orang nomor dua di Indonesia itu pun mengaku senada dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan keleluasaan kepada setiap menteri di kabinet mereka apabila terjun dalam kontestasi politik lima tahun sekali itu.

Kendati begitu, dia mengatakan bahwa saat ini belum ada nama yang disiapkan untuk menjadi pengganti Mahfud. Apalagi, pemilihan pengganti Mahfud itu merupakan wewenang dari Jokowi sebagai Kepala Negara.

“Itu nanti hak prerogatif presiden, nanti Presiden akan mempertimbangkan apa memang perlu Menko baru atau sementara dijabat saja sampai akhir, itu hak prerogatif presiden yang menentukan,” pungkas Ma’ruf.

Seperti diketahui, Mahfud Md sebelumnya mengatakan telah memiliki rencana untuk mengundurkan diri dari KIM. Dia hanya tinggal menunggu waktu yang tepat. 

Menurut cawapres nomor urut 3 ini, pengunduran dirinya harus dilakukan secara baik-baik sehingga tidak menimbulkan masalah.

"Saya pada saatnya yang tepat nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik agar tidak ada pertentangan," ujarnya dikutip dari Youtube Mahfud MD di acara 'Tabrak Prof!', Selasa (23/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper