Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai Bertemu Jokowi, Presiden Tanzania Kunjungi Pabrik Indesso

Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan mengunjungi pabrik Indesso, di Cileungsi, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024).
Keterangan Foto: CEO Indesso Group Robby Gunawan didampingi Presiden Director Indesso Tanzania (Zanzibar) Ltd, Feri Agustian Soleh sedang menerima kunjungan Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan ke pabrik Indesso di di Cileungsi, Jawa Barat, pada Jumat (26/1) / Istimewa
Keterangan Foto: CEO Indesso Group Robby Gunawan didampingi Presiden Director Indesso Tanzania (Zanzibar) Ltd, Feri Agustian Soleh sedang menerima kunjungan Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan ke pabrik Indesso di di Cileungsi, Jawa Barat, pada Jumat (26/1) / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan mengunjungi pabrik Indesso, produsen  ingredien Flavor & Fragrance, serta Food & Wellness, di Cileungsi, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024). 

Kunjungan ini menekankan komitmen Indesso dalam memperkuat hubungan antara Indonesia-Tanzania melalui investasi jangka panjangnya di Afrika.

CEO Indesso Group Robby Gunawan mengaku bangga, perusahaannya bisa menjadi katalisator dalam industri cengkeh Tanzania. 

"Dengan berinvestasi di wilayah ini, kami tidak hanya menciptakan peluang pertumbuhan ekonomi tetapi juga berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan masyarakat setempat," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (26/1/2024). 

Adapun, keterlibatan Indesso di Tanzania dimulai pada  2019, yang dipelopori acara Indonesia-Africa Infrastucture Dialogue (IAID). 

Pada acara yang diadakan di Bali 5 tahun lalu tersebut, Presiden  Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berkomitmen untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan negara-negara Afrika. 

Sejalan dengan komitmen ini, Indesso telah mendirikan enam unit distilasi di Tanzania untuk menyuling minyak dari guguran daun cengkeh, produk sampingan yang sering  kali dibuang sebagai limbah.

Inisiatif ini telah berdampak signifikan pada industri cengkeh di Tanzania, mengubah apa yang dulu dianggap sebagai limbah menjadi sumber daya berharga. 

Indesso berperan penting dalam berbagi keahliannya dengan masyarakat setempat, memberdayakan komunitas lokal untuk memanfaatkan potensi dari produksi minyak daun cengkeh. 

Transformasi ini dicapai melalui praktik bisnis yang berkelanjutan dengan konsep upcycling, traceability, dan transparency.

Melihat potensi ke depan, Indesso berharap bahwa inisiatif-inisiatif ini akan berfungsi sebagai katalisator, menginspirasi dan mendorong masyarakat lokal untuk mendirikan lebih banyak unit distilasi di Tanzania. 

“Dengan membagikan kisah keberhasilan, pengetahuan, dan keahlian kami, Indesso turut berkontribusi pada pertumbuhan industri berkelanjutan yang memberikan manfaat bagi masyarakat lokal dan ekonomi nasional,” tambah Robby. 

Presiden Jokowi dan Presiden Samia Tanam Bersama Pohon Perdamaian

Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 25 Januari 2024. 

Ini merupakan kunjungan perdana Presiden Samia ke Indonesia, sekaligus kunjungan balasan usai Presiden Jokowi mengunjungi Tanzania pada 22 Agustus 2023 lalu.

Setelah memperkenalkan masing-masing delegasi, Presiden Jokowi kemudian mengajak Presiden Samia untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Setelah itu, keduanya menuju veranda belakang Istana Bogor untuk kemudian berbincang sejenak.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Samia melakukan penanaman pohon perdamaian (Barringtonia asiatica) bersama di halaman belakang Istana Bogor. Keduanya juga tampak menyiram pohon secara bersama-sama setelah ditanam.

Kedua pemimpin kemudian mengadakan pertemuan bilateral di Ruang Oval. Dalam sambutan pembukanya, Presiden Jokowi menyebut bahwa kunjungan Presiden Samia merupakan wujud makin kuatnya hubungan bilateral kedua negara.

Presiden Jokowi juga mengharapkan partisipasi dan dukungan Tanzania dalam Indonesia-Africa Forum II untuk memperkuat kerja sama Selatan-Selatan, khususnya dalam bidang ekonomi. Selain itu, kedua pemimpin juga sepakat untuk memperluas kerja sama di berbagai bidang dalam konteks bilateral.

"Hari ini kita juga akan memperluas kerja sama di berbagai bidang, dan saya yakin ini akan memberikan manfaat bagi rakyat kedua negara, Tanzania dan Indonesia," tandasnya.

Sementara itu, Presiden Samia mengucapkan terima kasih atas undangan Presiden Jokowi untuk mengunjungi Indonesia, beberapa bulan setelah kunjungan Presiden Jokowi ke Tanzania. Ia juga berterima kasih atas sambutan hangat Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia.

"Kunjungan ini akan saya manfaatkan untuk meningkatkan kerja sama dan kolaborasi antara dua negara cantik kita," ungkap Presiden Samia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper