Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Abdee, Komisaris BUMN Ini Pilih Mundur Demi Ganjar-Mahfud

Selain Abdee ada dua komisaris BUMN yang terlebih dahulu mundur usai menyatakan mendukung Ganjar-Mahfud.
Abdee Slank./Istimewa
Abdee Slank./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Gitaris Slank Abdee Negara mengundurkan diri sebagai Komisaris Independen BUMN PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau TLKM. 

Keputusan Abdee mundur itu diumumkan setelah Slank resmi menyatakan dukungan kepada pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Supaya tidak ada dusta di antara kita, per hari Jumat kemarin saya sudah memberikan surat pengunduran diri. Ini adalah bentuk perjuangan kita. Cita-cita reformasi harus tetap berjalan," ujar Abdee di Gang Potlot, Jakarta Selatan, Sabtu (20/1/2024).

Langkah Abdee tersebut mengikuti jejak dua aktivis lainnya yang terlebih dulu mundur dari kursi komisaris BUMN usai menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo.

Pada Oktober lalu, misalnya, Komisaris PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) Eko Sulistyo menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya usai ditunjuk menjadi wakil ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Eko mengungkapkan akan langsung mengurus surat pengunduran diri pada hari ini, Kamis (26/10/2023).

"Saya baru ditunjuk kemarin, jadi saya per-hari ini akan urus surat pengunduran dari [sebagai] Komisaris PT PLN ke BUMN. Mohon doa restunya," ujar Eko kepada Bisnis, Kamis (26/10/2023).

Selain Eko, adapula Andi Gani Nena Wea yang mundur sebagai komisaris utama merangkap komisaris independen PT PP (Persero) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di kantor perseroan di Pasar Rebo, Jakarta.

"Tadi sudah dilakukan RUPSLB dan memutuskan Andi Gani mundur dari jabatannya," kata Sekretaris Perusahaan PT PP (Persero) Bakhtiyar Efendi dilansir dari Antara.

Andi Gani mundur dari komisaris utama setelah bergabung di Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sebagai informasi, UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) melarang seorang yang menjabat komisaris BUMN menjadi tim kampanye salah satu calon tertentu dalam ajang pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper