Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Debat Cawapres Kedua, Simak Visi-Misi Paslon soal Agraria dan Desa

Tiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md akan beradu gagasan di panggung debat cawapres kedua pada Minggu (21/1/2024).
Debat Cawapres Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD pada 22 Desember 2023/tangkapan layar Youtube/Novita Sari Simamora
Debat Cawapres Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD pada 22 Desember 2023/tangkapan layar Youtube/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat calon wakil presiden atau cawapres 2024 kedua pada Minggu (21/1/2024).

Debat cawapres itu nantinya akan mengangkat tema tentang pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam (SDA) dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Tiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md nantinya akan beradu gagasan terkait tema tersebut di panggung debat.

Adapun, gagasan para pasangan calon presiden dan cawapres terkait tema tersebut sebenarnya telah tertuang dalam visi-misi yang disusun sebelumnya. 

Berikut ini rangkuman dari visi Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md soal subtema agraria dan desa:

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Paslon nomor urut 1 ini menempatkan isu agraria dan desa pada misi ke-4 dalam Jalan Perubahan yang diusung.

Dikutip dari dokumen 'Visi, Misi dan Program Kerja: Indonesia Adil Makmur untuk Semua', Anies-Imin bakal mengakselerasi program agraria yang adil dan partisipatif dalam rangka pemberdayaan masyarakat yang tepat sasaran dan berkelanjutan.

Salah satunya, mempercepat penyelesaian konflik-konflik agraria serta tumpang tindih penguasaan lahan secara menyeluruh melalui pendekatan lintas sektor yang partisipatif dan berkeadilan.

Selain itu, paslon ini berjanji akan melakukan penataan kelembagaan dalam rangka pelaksanaan reforma agraria yang lebih cepat dan terpadu. Mereka juga berjanji untuk memberikan akses masyarakat untuk memanfaatkan tanah, termasuk tanah milik instansi pemerintah, Pemda, BUMN dan BUMD, untuk mendongkrak ekonomi rakyat melalui skema yang akuntabel dan partisipatif.

Untuk visi-misi terkait desa, Anies-Cak Imin pada intinya bakal mengoptimalkan perangkat desa, meningkatkan infrastruktur, dan SDM dengan pendampingan. Hal itu diwujudkan antara lain dengan meningkatkan dukungan pemerintah pusat dan daerah bagi pengembangan desa, termasuk melalui peningkatan secara signifikan alokasi Dana Desa yang pemanfaatannya disesuaikan dengan kebutuhan desa, dikelola oleh desa, untuk meningkatkan kemajuan ekonomi desa, kesejahteraan masyarakat desa, dan kemandirian pangan nasional.

Selain meningkatkan kualitas aparatur desa dalam mengelola Dana Desa, paslon ini juga ingin mengoptimalkan badan hukum desa atau BAHU DESA untuk  pendampingan hukum kepada Kepala Desa dan perangkat Desa, serta pendampingan usaha BUMDes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper