Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Debat Cawapres Kedua, Simak Visi-Misi Paslon soal Agraria dan Desa

Tiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md akan beradu gagasan di panggung debat cawapres kedua pada Minggu (21/1/2024).
Debat Cawapres Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD pada 22 Desember 2023/tangkapan layar Youtube/Novita Sari Simamora
Debat Cawapres Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD pada 22 Desember 2023/tangkapan layar Youtube/Novita Sari Simamora

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Paslon nomor 3, Ganjar-Mahfud menempatkan isu agraria dalam poin keempat soal mempercepat pemerataan dan pembangunan ekonomi.

Dikutip dalam dokumen visi-misi, Ganjar-Mahfud menekankan bahwa perlu ada penataan alokasi lahan yang efisien dan berkeadilan termasuk redistribusi dan legalisasi tanah yang bebas dari mafia tanah.

Dengan demikian, mereka bakal memastikan proses administrasi dan dokumentasi lahan yang transparan, cepat, akurat, dan murah jika terpilih jadi pimpinan Indonesia.

Nantinya, Ganjar-Mahfud bakal memastikan untuk menghentikan alih guna lahan untuk menjamin lahan subur dan lahan produktif bisa diberikan kepada petani kecil dan buruh tani.

Selain itu, paslon nomor 3 ini bakal memperkuat pengelolaan tata ruang yang adil dan berkelanjutan, yang akhirnya diharapkan dapat menyejahterakan masyarakat khususnya petani.

Sementara, untuk pedesaan, Ganjar-Mahfud bakal melipatgandakan dana desa yang berkualitas. Harapannya, 50% dari total jumlah desa bakal mandiri, sejahtera dan unggul.

Adapun, desa juga bakal berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dengan menjadikan kota yang dapat menarik dan mendorong desa untuk tumbuh bersama. 

Singkatnya, desa menjadi penyedia sumber daya yang dibutuhkan serta penopang kebutuhan perkotaan yang dapat diandalkan dan berkesinambungan.

Selanjutnya, desa juga nantinya diharapkan mampu mendayagunakan sumber energi lokal berbasis energi baru terbarukan untuk memasok kebutuhan energinya, sehingga menjadi bagian dari gugus penghijauan ekonomi Indonesia.

Adapun, visi-misi Ganjar-Mahfud juga memuat program satu desa satu puskesmas. Sebab, mereka menilai rakyat harus mudah mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama. 

Selain satu desa satu puskesmas, Ganjar-Mahfud juga bakal membangun satu lapangan olahraga di setiap desa yang bakal ditingkatkan fungsinya menjadi gelanggang olahraga. Tujuannya, untuk menumbuhkan budaya sportif.

Kemudian, mereka juga bakal mengintegrasikan peta jalan industri dan logistik, mengharmonisasikan pelaksanaan sistem logistik nasional hingga ke tingkat desa, serta optimalisasi Sea Lines of Communication (SLoc) dan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) sebagai jalur perdagangan internasional.

Sementara itu, Ganjar-Mahfud dengan tegas bakal memberikan jaminan terhadap masyarakat adat atas hak ulayat, hutan, tanah, dan sumberdaya lainnya sebagai satu kesatuan ekosistem untuk menyejahterakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper