Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Istana Bantah Rumor Politik Jokowi di Balik Rekrutmen CASN Tahun Ini

Istana membantah rumor tentang motivasi politik terselubung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di balik rekrutmen besar-besaran CASN.
Cara membeli e-meterai dan cara menggunakan e-meterai daftar CASN 2023/ Instagram
Cara membeli e-meterai dan cara menggunakan e-meterai daftar CASN 2023/ Instagram

Bisnis.com, JAKARTA – Istana Kepresidenan membantah rumor tentang motivasi politik terselubung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di balik rekrutmen besar-besaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana menjamin bahwa proses yang berjalan tidak akan menguntungkan kandidat tertentu meskipun rekrutmen tersebut dibuka bersamaan dengan tahun politik.

“Ya itu tidak betul ada janji itu. Kalau betul bahwa disebutkan ada janji presiden terkait dengan rekrutmen PNS yang dihubungkan dengan pemenangan itu enggak betul,” ujarnya kepada wartawan di kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Selasa (16/1/2024).

Ari mengungkapkan meskipun putra sulung Jokowi yaitu Gibran Rakabuming Raka turut serta dalam kontestasi politik sebagai cawapres, proses rekrutmen tersebut tak berpengaruh terhadap elektabilitasnya.

Menurutnya, pembukaan rekrutmen CPNS tahun ini dilakukan karena momentum anggaran yang baru tersedia tahun ini. Adapun, semua formasi yang ditentukan dalam pembukaan rekrutmen ini juga merupakan rancangan yang dilakukan oleh Kementerian PAN-RB.

"Karena momentum yang tersedia dari sisi anggaran, dan juga kebutuhan dari rekrutmen itu pada tahun ini. Rancangan itu berbasis pada apa yang sudah dihasilkan dan dirumuskan oleh PAN-RB," ucapnya.

Di sisi lain, Ari juga menyinggung sejauh ini beberapa tahun ke belakang rekrutmen besar-besaran memang tidak dilakukan. Oleh sebab itu, dia mengamini bahwa terdapat kebutuhan PNS yang signifikan.

Apalagi, dia melanjutkan kebutuhan PNS itu bertambah karena banyak PNS senior yang selama ini sudah banyak pensiun. Khususnya, di lingkup tenaga kesehatan dan pendidik juga masih kurang selama ini.

"Karena kita sudah cukup lama ya kita itu (tidak buka rekrutmen), sehingga banyak yang pensiun dan perlu untuk rekrutmen baru terutama untuk jabatan tertentu, utamanya tenaga pendidikan dan kesehatan yang memang diperlukan," pungkas Ari.

Sekadar informasi, terdapat video Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) Muhammad Hasbi yang bicara soal janji Presiden Jokowi akan melanjutkan program pengangkatan jutaan CASN jika anaknya Gibran Rakabuming terpilih jadi wakil presiden.

Dalam video tersebut, Hasbi meminta kepada guru-guru yang belum terangkat PPPK agar menunggu seleksi CASN yang akan dibuka. Hasbi lantas mengaku Jokowi sudah menjanjikan pengangkatan CASN jika anaknya menang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper