Sikap Tegas Penolakan Israel dan Dukungan Deras Ganjar-Mahfud untuk Palestina

Jauh sebelum penyerangan 7 Oktober 2023, sikap politik Ganjar Pranowo sangat tegas untuk menolak hubungan diplomatik dengan Israel.
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti debat perdana Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti debat perdana Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU

Bisnis.com, JAKARTA - Jauh sebelum penyerangan 7 Oktober 2023, sikap politik Ganjar Pranowo sangat tegas untuk menolak hubungan diplomatik dengan Israel.

Ganjar, menyuarakan sangat keras tentang penolakan kedatangan skuad sepak bola Israel ke Tanah Air dalam perhelatan Piala Dunia U-20. Kendati mendapatkan respons beragam, ada yang setuju, ada yang menolak, dia tetap tegas dengan pandangannya.

Penolakan Ganjar kala itu bukan tanpa alasan, penolakan yang dia suarakan sebagai bentuk komitmen Indonesia soal perdamaian dunia. Dalam hal ini, dia menyuarakan tentang kemerdekaan Palestina atas penjajahan yang dilakukan Israel.

Menurutnya, dukungan terhadap perdamaian dunia telah terkontrak dalam Undang-undang Dasar 1945 yang jelas menyebut "penjajahan di atas dunia harus dihapuskan."

"Kan kita punya komitmen ya, komitmen untuk ikut dalam perdamaian dunia. Khususnya mendukung Palestina. Itu menjadi kontrak sosial kita bahwa penjahahan di atas dunia harus dihabpuskan, dan tentu saja ada politik luar negeri kita yang bebas aktif, aktif dalam perdamaian dunia," kata Ganjar.

Ganjar, yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah menilai, jika saja penolakan itu tidak diserukan, potensi konflik dengan hadirnya Israel di Indonesia akan semakin besar.

Di samping itu, pemerintah juga mengatur terkait dengan hubungan Indonesia dengan Israel yang diatur dalam Peraturan Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019 Panduan Umum Hubungan Luar Negeri oleh Pemerintah Daerah.

Ganjar mencoba membawa sudut pandang lain yang harus dipertimbangkan pemerintah sebelum menghelat Piala Dunia U-20 yang di dalamnya ada Israel.

"Permenlu No 3 Tahun 2019, tentang panduan hubungan luar negeri (dalam hal ini Israel) dengan pemerintah daerah. Gak boleh bendera, gak boleh lagu kebangsaan," imbuh Ganjar.

Dukungan terhadap kebebasan Palestina juga ditunjukkan saat maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bersama dengan Mahfud MD.

Dukungan itu, masuk dalam program politik luar negeri yang dicanangkan dalam Visi-Misi Ganjar-Mahfud sebagai pedoman jika terpilih memimpin Indonesia nantinya,

Adapun, Ganjar-Mahfud berpandangan untuk mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara.

"Memperkuat komitmen untuk mendukung perjuangan pergerakan rakyat Palestina," sebut program Ganjar-Mahfud dalam visi-misinya.

Program itu diperkuat dengan janji politiknya untuk memperkuat dukungan ke Palestina.


"Membakar seafood dari Palu, ke negeri Cina naik pesawat; Kalau Ganjar-Mahfud menang pemilu, dukungan ke Palestina semakin menguat," ucap Mahfud.

Sebanyak 22.000 warga Palestina tercatat telah menjadi korban dalam serangan keji Israel ke wilayah Gaza.

Di samping itu, berdasarkan data Palestinian Central Bureau of Statistics (PCBS), sebanyak 305.000 rumah warga Palestina tercatat mengalami kerusakan, sedangkan 52.000 unit rumah hancur.

Serangan Israel ke Gaza hingga 5 Desember 2023, juga menyebabkan setidaknya 25.010 gedung hancur yang di antaranya adalah 121 gedung pemerintahan.

Anak-anak Palestina juga tidak dapat melanjutkan kegiatan belajar mengajar karena sebanyak 275 unit sekolah hancur sebagian dan 69 sekolah hancur total.

Selain menyasar wilayah masyarakat sipil, serangan Israel juga menyasar fasilitas kesehatan, sebanyak 25 rumah sakit di Palestina mengalami kerusakan akibat serangan Israel. Sebanyak 26 rumah sakit di negara tersebut juga tidak bisa beroperasi. Lalu, ada tiga unit gereja yang hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper