Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganjar Sindir Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Ganjar Pranowo mengkritisi program makan siang gratis paslon Prabowo - Gibran yang diproyeksikan sedot hingga Rp400 triliun dari APBN.
Ganjar Sindir Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran. Ganjar pranowo - instagram @ganjar_pranowo
Ganjar Sindir Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran. Ganjar pranowo - instagram @ganjar_pranowo

Bisnis.com, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengkritisi program makan siang gratis pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming yang diproyeksikan menyedot APBN hingga Rp400 Triliun.

Kritik itu disampaikannya saat pidato dalam acara Sarasehan Nasional Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di kawasan Stadion GBK Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (28/12/2023).

Awalnya, Ganjar membagikan pengalaman ketika bersafari politik ke Merauke, Papua Selatan pada akhir November 2023. Saat itu, ujarnya, seorang pendeta bernama Leo bercerita terpaksa menolong ibu melahirkan karena tidak adanya fasilitas yang memadai di daerahnya.

Oleh sebab itu, dia berpendapat masih perlu membangun fasilitas yang layak di daerah-daerah terbelakang. Meski demikian, Ganjar bingung ada paslon lain yang menghamburkan dana APBN yang tidak sedikit untuk keperluan lain.

"Bagaimana menolongnya? Mereka kalau membawa ke rumah sakit, Rumah Sakit jauh, ke mana mereka harus lewat? Jalannya rusak atau jelek, tidak ada jalan. Kemudian kita berpesta pora tinggi-tinggi sekali. Maaf, dan Rp400 triliun mau digunakan untuk makan siang," kata Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun meminta masyarakat lebih kritis ke program-program yang ditawarkan oleh paslon yang bertanding dalam Pilpres 2024. Ganjar mengiatkan bahwa seorang politisi punya tanggung jawab moral yang berat.

"Mari kita makin kritis pada soal jargon. Pada soal program, pada soal gimik, karena di balik politik yang besar? Di balik debat yang ditonton, tepuk tangan yang sangat meriah, sebenarnya ada tanggung jawab moral kita untuk melakukan pendidikan politik kepada rakyat. Jangan bohongi rakyat," jelasnya.

Sebelumnya, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyebutkan program makan siang gratis senilai Rp400 triliun yang dicanangkannya bersama Prabowo Subianto banyak dicibir oleh berbagai pihak.

Hal tersebut disampaikannya sebagai respons terhadap tanggapan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD terkait pertanyaan perihal infrastruktur sosial dalam debat kedua Pilpres 2024.

“Saya tadi juga bicara soal infrastruktur sosial, stunting. Itu lho, Pak. Tapi enggak apa-apa, saya perjelas lagi. Kita punya program makan siang gratis, banyak yang nyinyir,” kata Gibran.

Dia melanjutkan, program makan siang gratis yang digagas pihaknya ini adalah investasi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Wali Kota Surakarta ini berpendapat bahwa program ini merupakan stimulan bagi masyarakat maupun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak di bidang pangan.

“Program makan siang gratis Rp400 triliun ini adalah stimulan untuk ibu-ibu, warteg-warteg, warung-warung, catering-catering yang ada di daerah,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper