Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPU Bakal Evaluasi Debat Cawapres, Termasuk Penggunaan Singkatan

KPU akan melakukan rapat evaluasi penyelenggaraan debat kedua Pilpres 2024 pada Rabu (27/12/2023) besok.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD  sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan rapat evaluasi penyelenggaraan debat kedua Pilpres 2024 pada Rabu (27/12/2023) besok.

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, menjelaskan, rapat evaluasi akan digelar bersama ketiga perwakilan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden. KPU, lanjutnya, akan mendengarkan setiap masukan dari perwakilan ketiga paslon.

"Apa saja lah yang jadi komplain, catatan masing-masing calon, paslon, maupun tim paslon nanti akan dibahas dalam rapat evaluasi," jelas Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (26/12/2023).

Dia mengakui banyak catatan yang diberikan dari berbagai kalangan terkait penyelenggaraan debat kedua khusus cawapres pada pekan lalu. Oleh sebab itu, semua akan dievaluasi termasuk soal penggunaan singkatan.

Taktik calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming menanyakan pertanyaan dengan singkatan dan penggunaan istilah asing ke lawannya mendapat banyak sorotan. Pasalnya, Gibran tidak menjelaskan singkatan dan istilah asing tersebut.

"Iya pasti akan dievaluasi semua masing-masing, apakah mic-nya, apakah tampil tidak di podium, apakah peran moderator, singkatan-singkatan, bahasa asing, dan seterusnya. Nanti semua akan kita evaluasi," ujar Hasyim.

Ketika dikonfirmasi, Hasyim tidak menjelaskan apakah dalam tata terbit debat capres dan cawapres diperboleh pengguna singkatan dan istilah asing. Dia hanya meminta setiap pihak bersabar sebelum ada rapat evaluasi besok.

"Besok ya, jangan sekarang," ucapnya.

Berikut ini jadwal dan tema debat capres-cawapres 2024:

Jadwal Debat Capres-Cawapres

1. Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023

2. Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023

3. Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024

4. Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024

5. Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024

Tema Debat Capres-Cawapres

1. Debat Pertama (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga

2. Debat Kedua (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi, Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan

3. Debat Ketiga (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik

4. Debat Keempat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

5. Debat Kelima (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper