Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

18 Jurusan Kuliah Lulusan SMA IPA dengan Peluang Karir Terbaik

Berikut rekomendasi jurusan kuliah untuk lulusan IPA dengan peluang karir yang tinggi.
Universitas Tarumanegara (Untar) menerima calon mahasiswa baru untuk tahun 2023/2024. Para calon mahasiswa wajib mengetahui jurusan kuliah yang akan dipilihnya, berikut jurusan kuliah untuk lulusan SMA IPA memiliki prospek karir bagus dimasa mendatang./Istimewa
Universitas Tarumanegara (Untar) menerima calon mahasiswa baru untuk tahun 2023/2024. Para calon mahasiswa wajib mengetahui jurusan kuliah yang akan dipilihnya, berikut jurusan kuliah untuk lulusan SMA IPA memiliki prospek karir bagus dimasa mendatang./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang tengah menempuh pendidikan di bangku SMA dengan jurusan IPA, pertanyaan tentang jurusan yang ingin diambil di perguruan tinggi mungkin sudah menghantui pikiran.

Di tengah ragam pilihan jurusan kuliah, memilih jurusan yang sesuai minat dan berpotensi memberikan peluang karier yang cerah adalah langkah penting. Berikut adalah sejumlah jurusan kuliah yang menjanjikan untuk siswa lulusan SMA IPA:

Rumpun Kesehatan

1. Kedokteran Hewan

Siapa yang memiliki hewan peliharaan di rumah? Kedokteran Hewan tidak hanya mempelajari penanganan kucing dan anjing, tetapi juga unggas serta satwa air. Durasi studi biasanya berlangsung selama 6 tahun, terdiri dari periode preklinik dan profesi.

Dokter hewan dapat membuka praktik sendiri, bekerja di puskeswan, kebun binatang, atau lembaga konservasi.

2. Kesehatan Masyarakat

Jangan keliru, jurusan kuliah ini bukan tentang pengobatan pasien tetapi lebih mengenai tindakan preventif untuk menjaga kesehatan masyarakat agar tidak jatuh sakit. Dengan kaitannya pada lingkup masyarakat, lulusan bisa bekerja di Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, atau lembaga internasional seperti WHO.

Jurusan Kesehatan Masyarakat dapat dijumpai di berbagai universitas di Indonesia.

3. Kebidanan

Profesi yang mulia, yakni menolong nyawa ibu dan bayi. Selain mempelajari tentang proses persalinan, mata kuliah juga melibatkan asuhan balita, konsep remaja dan pranikah, serta perencanaan keluarga. Jurusan ini tersedia di berbagai tingkat pendidikan seperti D3, D4, dan S1 di universitas, politeknik, dan akademi.

4. Keperawatan

Bagi mereka yang memiliki empati tinggi dan kepedulian terhadap sesama, jurusan keperawatan bisa menjadi pilihan tepat. Perawat memberikan layanan dari masa sakit hingga proses penyembuhan. Keterampilan, kecakapan, dan kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting dalam profesi ini. Biasanya, pendidikan profesi Ners diperlukan sebelum dapat bekerja.

5. Ilmu Gizi

Program studi ini mempelajari pola makan yang memengaruhi kesehatan manusia. Mata kuliah mencakup biokimia, ekonomi pangan, manajemen jasa makanan, hingga gizi olahraga. Setelah lulus, berbagai peluang kerja terbuka seperti menjadi ahli gizi, staf BPOM, pengawas mutu, pegawai negeri, hingga pengusaha di bidang kuliner.

Rumpun Teknik

6. Teknik Kimia

Mengkombinasikan ilmu alam, eksperimen kimia, fisika, biologi, matematika, ekonomi, hingga desain. Alumni Teknik Kimia dapat bekerja sebagai staf riset dan pengembangan, ahli pertambangan, ahli pangan, ahli perminyakan, dan banyak bidang lainnya.

7. Teknik Industri

Jurusan ini mempelajari cara memanfaatkan sumber daya untuk keberlangsungan usaha dengan menggabungkan mata kuliah teknik dan manajemen. Peluang karir luas dari industri manufaktur, start-up, hingga pegawai negeri.

8. Teknik Informatika

Mempelajari teori, algoritma, kecerdasan buatan, pengembangan perangkat lunak, serta pemrograman. Lulusan jurusan ini memiliki peluang karir yang cerah sebagai pengembang aplikasi, desainer web, atau konsultan IT.

9. Teknik Komputer

Gabungan dari mata kuliah Teknik Informatika dan Elektro yang membahas hardware, software, dan jaringan komputer. Keterampilan matematika sangat diperlukan dalam bidang ini. Peluang studi di berbagai jenjang dari D3, D4, hingga S1.

10. Teknik Telekomunikasi

Memahami teknologi, protokol, layanan, desain, dan teknik pengiriman informasi broadband. Prospek kerja berkaitan dengan ICT, Broadcasting, Digital, dan Enterprise.

Rumpun Matematika dan IPA

11. Statistika

Mempelajari cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk pengambilan keputusan di perusahaan dengan bantuan software seperti SPSS. Lulusan Statistika sangat dibutuhkan di berbagai bidang sebagai analis, data scientist, konsultan investasi, hingga banker.

12. Matematika

Lulusan dapat bekerja di berbagai sektor mulai dari e-commerce, industri perbankan, asuransi, dan lainnya. Peluang besar terbuka untuk menjadi data scientist, aktuaris, analis data, atau software engineer.

13. Aktuaria

Gabungan ilmu Statistika dan Matematika dengan peluang kerja menjanjikan di Otoritas Jasa Keuangan, perusahaan asuransi, atau konsultan akuntan.

14. Biologi

Memahami fisiologi, ekologi, genetika, struktur organisme, dan perkembangan organisme yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Peluang karir di industri makanan, obat-obatan, serta pertambangan di sektor swasta atau pemerintahan.

Rumpun Pertanian dan Peternakan

15. Bioteknologi

Mempelajari pemanfaatan makhluk hidup untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat bagi manusia. Prospek kerja meliputi penelitian, ahli pangan, dan industri kesehatan.

16. Agribisnis

Lulusan agribisnis masih dicari karena kesuburan tanah Indonesia. Peluang kerja di bidang teknologi pengolahan pertanian atau menciptakan produk pangan baru.

17. Peternakan

Bukan hanya memelihara hewan ternak tetapi juga mengembangkan teknologi ternak dan memasarkan hasil produksinya. Peluang karir sebagai wirausaha, quality controller, atau dosen terbuka lebar.

18. Teknologi Pangan

Mempelajari proses pengolahan makanan dengan peluang kerja di tim riset atau membuat produk makanan baru.

Demikianlah rekomendasi jurusan kuliah untuk lulusan SMA. Kendati demikian, siswa harusnya lebih dalam lagi untuk mempertimbangkan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan potensi mereka di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper