Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Peminat, tapi Punya Prospek Kerja

Ada banyak jurusan IPS yang jarang diminati, tetapi cukup menjanjikan untuk prospek kerja pada masa depan.
Ilustrasi lulus perguran tinggi/telegraph.co.uk
Ilustrasi lulus perguran tinggi/telegraph.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak jurusan IPS yang jarang diminati, tetapi cukup menjanjikan untuk prospek kerja pada masa depan.

Dilansir dari situs Bintang Pelajar, berikut beberapa jurusan IPS yang sepi peminat dan cukup menjanjikan untuk kerja nantinya.

Administrasi Fiskal

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati antara lain Administrasi Fiskal. Prospek kerja dari jurusan yang satu ini cukup menjanjikan.

Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari banyak hal, mulai dari dasar-dasar perpajakan, kebijakan fiskal, tata kelola aset negara, dan masih banyak lagi.

Arkeologi

Jurusan Arkeologi mempelajari tentang kebudayaan manusia pada masa lampau dan masa kini, melalui suatu kajian yang berdasarkan pada data-data dan juga benda peninggalan yang ditemukan.

Bagi yang suka mata pelajaran Sejarah, pasti mata kuliah yang diajarkan di jurusan Arkeologi ini akan sangat menyenangkan.

Kriminologi

Jurusan Kriminologi merupakan jurusan yang akan mempelajari teori dan praktik yang berhubungan dengan kriminalitas dalam lingkup nasional ataupun internasional.

Untuk saat ini, hanya ada tiga perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menyediakan jurusan Kriminologi, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Islam Riau, dan juga Universitas Budi Luhur.

Ilmu Sejarah

Berikutnya ada Ilmu Sejarah. Mungkin, bagi orang-orang yang belum paham tentang jurusan ini akan beranggapan hanya mempelajari masa lalu atau sejarah saja.

Selain itu, prospek kerjanya hanya sebagai sejarawan saja. Padahal, di jurusan ini Anda akan mempelajari sejarah dari berbagai aspek, mulai dari politik, ekonomi, budaya, militer, geografi, dan juga maritim.

Aktuaria

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan berikutnya yaitu program studi Aktuaria.

Aktuaria merupakan sebuah bidang ilmu yang menerapkan metode matematika dengan ilmu statistika yang bertujuan untuk menganalisis dan meminimalisir terjadinya risiko yang mungkin terjadi di dunia asuransi dan keuangan.

Ekonomi Kreatif

Jurusan kuliah IPS ini memang masih memiliki peminat yang sedikit, sebab mungkin masih banyak orang belum familiar dengan program studi ini, atau bahkan dianggap tidak keren dibanding dengan program studi yang lain.

Saat ini, Ekonomi Kreatif menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk dapat mendukung ekonomi mikro di suatu wilayah.

Apabila Anda mengambil jurusan Ekonomi Kreatif, Anda bisa mengembangkan ekonomi kreatif di suatu wilayah supaya bisa membantu perkembangan ekonomi negara Indonesia.

Bisnis Digital

Jurusan yang satu ini mungkin masih terbilang baru sehingga belum banyak orang yang mengetahui bahkan berminat. Padahal, Bisnis Digital menjadi salah satu jurusan yang mulai berkembang dan sedang banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan digital.

Kesejahteraan Sosial

Program studi ini mempelajari dan mengembangkan pemikiran serta metode untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Setelah lulus, Anda bisa menjadi seorang corporate social responsibility officer, Manajer Layanan Sosial dan Komunikasi, atau bekerja di suatu industri sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper