Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Debat Cawapres, Cak Imin: Gibran Tantangan Buat Saya

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, memuji cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, jelang debat cawapres.
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Gus Imin) menyebut Gibran Rakabuming Raka jadi tantangan di debat cawapres, Jumat (22/12/2023) / ANTARA-Muzdaffar Fauzan.
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Gus Imin) menyebut Gibran Rakabuming Raka jadi tantangan di debat cawapres, Jumat (22/12/2023) / ANTARA-Muzdaffar Fauzan.

Bisnis.com, JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, memuji cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, jelang debat cawapres Pilpres 2024.

Debat cawapres edisi perdana akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat (22/12/2023) pukul 19.00 WIB.

Cak Imin melontarkan pujian kepada Gibran saat menjawab pertanyaan awak media terkait dengan isu ekonomi untuk debat cawapres malam nanti.

Cawapres yang diusung Koalisi Perubahan itu melihat bahwa Gibran punya pengalaman menjadi Wali Kota Solo dan itu menjadi bekal solid untuk dibawa ke panggung debat.

"Mas Gibran punya pengalaman Wali Kota Solo, tentu dia sudah lebih siap ya menjadi bagian dari penampilan (debat)," ujar Cak Imin di Hotel Aryaduta, Jumat (22/12/2023).

Lebih lanjut, Cak Imin mengaku deg-degan menjalani debat cawapres pada hari ini. Sebab, dirinya juga akan berhadapan dengan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD.

Namun, dirinya mengakui bahwa untuk debat hari ini, selain Mahfud MD, Gibran juga menjadi tantangan bagi Cak Imin.

"Mas Gibran itu juga tantangan buat saya," kata dia.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah menetapkan tema khusus untuk setiap sesi debat. Debat pertama pada 12 Desember membahas hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat kedua pada 22 Desember akan mengusung tema ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN.

Tema debat ketiga pada 7 Januari 2024 mencakup pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Debat keempat pada 21 Januari 2024 akan membahas energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Debat terakhir pada 4 Februari 2024 akan fokus pada Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Dilatih Eks Kemendag dan Founder Tokopedia

Juru bicara Timnas AMIN, Angga Putra Fidrian, mengatakan bahwa pihaknya mulai menjalani diskusi dengan Cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk memperdalam pengetahuannya tentang ekonomi digital dan ekonomi makro.

Salah satunya adalah Cak Imin sudah mulai berdiskusi dengan Thomas Lembong selaku Co-Captain Timnas AMIN yang juga eks Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) 2016-2019.

"Bimbingan khusus kayaknya enggak ya, tapi setiap hari ada konunikasi Pak Tom (Thomas Lembong) dengan Gus Imin untuk memperkaya ekonomi makro," kata Angga di Sekretariat AMIN, Senin (18/12/2023).

Selain dengan Tom Lembong, Angga menyebut bahwa Cak Imin juga melakukan diskusi mendalam dengan pendiri Tokopedia yaitu Leontinus Alpha Edison atau Leon.

Diskusi ini dilakukan guna memperdalam lagi pemahaman Ketum PKB ini dalam melihat skema ekonomi digital.

"Persiapan diskusi bersama Pak Leon selaku pendiri Tokpedia, supaya Gus Imin punya sudut pandang lebih luas soal ekonomi digital," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper