Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Debat Pertama Pilpres 2024, Ini Visi Misi Capres-Cawapres Bidang Penegakan Hukum dan Demokrasi

KPU menggelar debat perdana Pilpres 2024 pada Selasa (11/12/2023) dengan tema pemerintahan, hukum, HAM.
Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Capres dan Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto  dan Gibran Rakabuming Raka, Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD  menunjukkan nomor hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11)./Antara
Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Capres dan Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menunjukkan nomor hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat perdana Pilpres 2024 pada Selasa (11/12/2023), khusus para calon presiden (capres).

Debat akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Lantas, bagaimana visi dan misi ketiga pasangan capres-cawapres terkait tema debat tersebut?

Berikut penjelasannya berdasarkan dokumen visi misi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Anies-Imin

Korupsi dan demokrasi menjadi salah satu poin dalam visi misi paslon ini. Menariknya, bahasa yang digunakan Anies-Cak Imin dalam visi misinya adalah memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum dan hak asasi manusia, memberantas korupsi tanpa pandang bulu, hingga menyelenggarakan pemerintahan yang berpihak kepada rakyat.

Misi Anies-Cak Imin tentang demokrasi dan pemberantasan korupsi termuat dalam agenda ke 8 yang terdiri dari enam poin.

Pertama, sistem hukum yang adil dan mengayomi, penekanan paslon ini antara lain menghadirkan kepastian hukum yang tidak diskriminatif dan mencegah aparat penegak hukum dijadikan alat politik.

Kedua, pencegahan dan pemberantasan korupsi yang salah satunya menekankan tentang peningkatan indeks persepsi korupsi dan mengupayakan pengesahan RUU Perampasan Aset.

Ketiga, birokrasi yang profesional dan melayani. Keempat, misi untuk memparipurnakan otonomi daerah dengan memberikan ruang yang luas bagi daerah untuk mengatur potensinya.

Kelima, Anies dan Cak Imin juga memiliki misi tentang lembaga Polri. Salah satu fokusnya adalah memberantas judi online, pinjaman online ilegal, narkoba, hingga kejahatan lain yang merusak generasi muda.

Keenam, demokrasi dan kedaulatan rakyat, Anies dan Cak Imin memasukkan materi tentang netralitas penyelenggara pemilu.

Prabowo-Gibran

Pasangan Prabowo-Gibran juga membawa isu demokrasi dan penegakan hukum dalam visi misinya jika terpilih dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti. Bedanya dengan dua paslon lainnya, paslon Prabowo-Gibran menghadirkan materi tentang demokrasi dan penegakan hukum dalam misi yang berbeda.

Misi tentang demokrasi terdapat dalam Asta Cita 1 yang di dalamnya terdapat tentang memperkokoh ideologi Pancasila hingga menjamin kemerdekaan berkumpul, berserikat bagi semua warga negara.

Prabowo-Gibran juga berkomitmen untuk melindungi hak asasi manusia dan menghapus praktik diskriminasi sesuai dengan hukum yang berlaku.

Sementara itu, materi tentang penegakan hukum terdapat dalam misi Asta Cita 7. Di bidang politik Prabowo dan Gibran memiliki sejumlah misi unggulan misalnya penjaminan hak konstitusional warga negara hingga membangun Single Identity Number (SIN) guna mencegah identitas penduduk ganda maupun persoalan NIK ganda pada daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu.

Di bidang hukum, sinergitas aparat penegak hukum yakni Polri, Kejaksaan, dan KPK dalam pemberantasan korupsi menjadi isu utama. Prabowo dan Gibran juga akan menjadikan KPK sebagai center of excellence pemberantasan korupsi. 

Ganjar-Mahfud MD

Paslon Ganjar dan Mahfud MD juga memiliki program yang cukup detail mengenai demokrasi dan pemberantasan korupsi.

Dalam konteks demokrasi, pasangan ini memiliki misi untuk demokrasi substantif yang lebih menekankan tentang kebebasan sipil dan menyinggung tentang kebebasan pers atau media.

Ganjar dan Mahfud juga berkomitmen untuk mewujudkan good governance dan transparansi birokrasi. Salah satunya dengan mereplikasi format pelaporan yang sudah ada di Jawa Tengah yakni dengan penyampaian informasi langsung ke presiden dengan Lapor Presiden. Dulu di Jawa Tengah, Ganjar memiliki Lapor Gub.

Di bidang hukum, Ganjar menekankan tentang untuk hukum adil untuk semua kalangan. Pengamanan aset koruptor menjadi salah satu konsentrasi pasangan ini.

Ganjar-Mahfud juga menekankan tentang pentingnya sinergi aparat penegak hukm dalam melakukan pemberantasan korupsi. Peningkatan kesejahteraan polisi juga menjadi program utama Ganjar Mahfud.

Yang menarik dari visi misi Ganjar dan Mahfud adalah materi tentang keadilan restoratif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper