Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makna Natal dan 25 Ayat Alkitab yang Berkaitan dengan Natal

Makna natal yang sesungguhnya adalah sukacita dan pengorbanan. Simak 25 ayat alkitab yang bisa dibagikan kepada saudara dan teman terkasih saat Natal.
Seorang pria sedang membaca ayat alkitab yang berkaitan dengan Natal/Bible Study
Seorang pria sedang membaca ayat alkitab yang berkaitan dengan Natal/Bible Study

Bisnis.com, BANDUNG – Setiap tanggal 25 Desember, orang-orang beragama kristiani merayakan hari raya Natal untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus.

Hari raya ini biasanya dipenuhi dengan lagu-lagu natal, dekorasi pohon natal, bertukar hadiah, dan pesta natal. Namun, tahukah Anda apa makna Natal sebenarnya bila dilihat dari ayat alkitab?

Makna natal yang sesungguhnya adalah pengorbanan. Seperti yang tertulis dalam Yohanes 3:16, “Karena kasih-Nya kepada manusia yang berdosa, Allah rela mengorbankan anak-Nya yang tunggal, Yesus Kristus, agar manusia terbebas dari dosa.”

Manusia yang telah jatuh dalam dosa seharusnya akan mati untuk menanggung dosa-dosanya, tetapi Allah rela mengorbankan anak-Nya yang Tunggal untuk mati menggantikan manusia.

Selain pengorbanan, Natal juga bisa dimaknai sebagai sukacita dan kemenangan. Mengapa Natal merupakan sukacita besar? Sebab, manusia yang sedang terbelenggu oleh dosa akan diselamatkan oleh seorang Juru Selamat yang baru lahir, Yesus Kristus, serta memberikan manusia hidup yang kekal.

Manusia telah dibebaskan dari dosa dan kemenangan telah tiba bagi manusia. Melalui peristiwa Natal orang berdosa telah menang, kuasa iblis telah dihancurkan.

Ini 25 ayat alkitab yang berkaitan dengan Natal:


1. Yohanes 3:16

"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."


2. Yesaya 7:14

“Sebab itu Tuhan sendiri akan memberikan kepadamu suatu pertanda. Sesungguhnya, seorang perempuan akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamai Dia Imanuel.”


3. Yohanes 14:6

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."


4. Roma 6:23

Sebab upah dosa ialah maut, tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.


5. Matius 1:21

"Ia akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus, sebab Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

6. Lukas 1:46-47

Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bersukacita karena Allah, Juruselamatku."


7. Yohanes 1:14

Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita. Kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tungga; Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.


8. Yohanes 3:16

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.


9. Yakobus 1:17

Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.


10. Roma 6:23

Sebab upah dosa ialah maut, tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.


11. Lukas 1:30-31

"Malaikat itu berkata, 'Jangan takut, Maria. Allah sedang memuliakan engkau. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus."


12. Yohanes 1:29

Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: ”Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.”


13. Yohanes 13:3

Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.


14. Kisah Para Rasul 5:31

Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa.


15. Zakharia 9:9

Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.


16. 1 Yohanes 1:5

Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.


17. Yesaya 12:6

Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, agung di tengah-tengahmu!


18. Yohanes 14:27

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.


19. 1 Yohanes 4:10

Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.


20. Matius 5:9

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.


21. Yohanes 12:46

Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.


22. 1 Yohanes 4:9

Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya.


23. Amsal 11:25

Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.


24. Lukas 1:35

Jawab malaikat itu kepadanya: ”Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kau lahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.


25. Amsal 3:5-6

Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, janganlah mengandalkan kepintaranmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala jalanmu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper