Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Lengkap Kampanye Hari Pertama Anies, Prabowo, Ganjar

3 pasangan capres-cawapres mulai kampanye Pilpres 2024 pada hari ini, Selasa (28/11/2023). Ketiga pasangan calon berkampanye di tempat terpisah.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) beserta ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden membacakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di kompleks Kantor KPU, Jakarta, Senin (27/11/2023). Deklarasi yang dilakukan bersama tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden serta perwakilan pimpinan 18 partai politik peserta Pemilu 2024 tersebut bertujuan mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) beserta ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden membacakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di kompleks Kantor KPU, Jakarta, Senin (27/11/2023). Deklarasi yang dilakukan bersama tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden serta perwakilan pimpinan 18 partai politik peserta Pemilu 2024 tersebut bertujuan mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Bisnis.com, JAKARTA – Pada hari ini, Selasa (28/11/2023) merupakan hari pertama kampanye bagi tiga pasangan capres-cawapres: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar masa kampanye Pemilu 2024 mulai 28 November hingga 10 Februari 2024. Selama masa kampanye ini, para capres-cawapres mengunjungi sejumlah wilayah di Indonesia, baik secara perorangan maupun bersama-sama.

Pada kampanye Pilpres 2024 hari pertama, pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Anies-Muhaimin (Amin) melakukan kampanye secara terpisah. Anies akan “kick off” di Kampung Tanah Merah Jakarta Utara. Kemudian, ke Ciracas Jakarta Timur, Bogor dan Bandung di Jawa Barat.

Adapun alasan Anies memilih Tanah Merah sebagai lokasi “kick off” adalah bahwa saat dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dirinya membawa pesan keadilan.Dengan memilih Tanah Merah sebagai titik awal, dia ingin melanjutkan pesan keadilan ke tahap nasional.

"Pilihan di Jakarta sederhana, karena pada prinsipnya selama kami bertugas di Jakarta, kita membawa pesan keadilan sosial dan itu juga yang akan kami teruskan dalam perjuangan di tingkat nasional," kata Anies di Hotel Balairung, Senin (27/11/2023) malam.

Sementara, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mulai hari cuti sebagai Wakil Ketua DPR RI untuk kampanya Pilpres 2024. Ketua umum Partai Kebangkitan Balangsa (PKB) ini menyampaikan bahwa agenda kampanye perdana akan berkunjung ke rumah ibunya di Jombang Jawa Timur (Jatim) untuk meminta izin. Setelah itu, dia berkampanye di beberapa wilayah Jatim seperti Kota Surabaya.

“Saya mulai besok sowan ke ibu saya di Jombang kampanye, izin pamit, lalu lanjut ke berbagai titik di Jatim,” ucapnya saat ditemui di KPU, Senin (27/11/2023).

Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran akan “kick off’ di wilayah Jabodetabek.

Prabowo mengemukakan dirinya akan berkampanye di wilayah Jabodetabek. Sementara itu, Gibran akan memulai kampanye terbuka di beberapa lokasi di daerah.

"Kita kick off di sekitar Jabodetabek. Kita berbagai tugas. Nanti yang muda yang bergerak ke mana-mana," tuturnya di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menjelaskan bahwa kampanye yang dilakukan oleh Prabowo dan Gibran nanti ada yang terpisah dan ada yang dilakukan bersamaan.

"Jadi ini bagian dari strategi ya. Ada yang dipisah dan ada yang digabung kampanyenya, jadi sesuai dengan kebutuhan saja," kata Nusron.

Tim kampanye Prabowo-Gibran bakal mengampanyekan program Prabowo-Gibran dengan cara menggelar bakti sosial, membagikan makan siang gratis hingga membagikan susu gratis kepada anak-anak sekolah.

"Pokoknya ada sekitar 200 titik di Jabodetabek," ujarnya.

Nusron menyebut bahwa Prabowo-Gibran akan menyambut hari pertama kampanye dengan selawatan (sholawat).

“Sebelum memasuki hari pertama masa kampanye yang jatuh pada hari, Selasa 28 November, Pak Prabowo akan selawatan bareng Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf,” kata Nusron dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Selawatan tersebut dilakukan sebagai wujud doa dari TKN Prabowo-Gibran agar masa kampanye bisa berjalan damai dan lancar.

Selawatan, kata dia, adalah doa dan ikhtiar (ikhtiar spiritual) dari tim Prabowo-Gibran.

Selain dengan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, selawatan juga akan digelar di posko masing-masing Tim Kampanye Daerah (TKD) di seluruh Indonesia secara serentak.

Ganjar-Mahfud

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan memulai agenda kampanye hari pertama dari dua sisi ujung Indonesia, yakni Aceh dan Papua. Kampanye terakhir dari pasangan calon ini akan di Jakarta.

"Kita memulai besok [kampanye]. Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh," ungkap Ganjar usai Rakornas Gakkumdu Pemilu 2024 di Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menjelaskan, pihaknya sengaja memulai dari Timur dan Barat. Setelahnya, ke bagian tengah Indonesia. Ganjar memastikan akan menyerap aspirasi dari masyarakat.

 "[Kami] bertemu dan berkomunikasi [dengan masyarakat] lebih intens," jelasnya.

Lebih lanjut, Ganjar menyatakan pihaknya juga sudah menandatangani komitmen kampanye damai dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Oleh sebab itu, dia berjanji akan menuruti komitmen itu.

"Sudah membuat komitmen, tugas kita adalah melaksanakan tata dan komitmen yang sudah kita tandatangani," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengiatkan agar tidak ada pihak yang melakukan pelanggaran-pelanggaran tindak pidana pemilu.

Menurutnya, Bawaslu sudah mendeteksi kerawanan pelanggaran tindak pidana pemilu. Oleh sebab itu, Bagja meminta setiap pihak menjaga komitmen berkampanye sesuai koridor yang sudah diatur dalam perundang-undangan. Terutama, lanjutnya, jangan sampai ada kampanye hitam.

 "Laksanakan kampanye sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, menjauhi tindak politik uang, tidak melakukan politisasi SARA, tidak menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian demi mewujudkan pemilu yang aman damai dan demokratis," ungkapnya dalam Rakornas Gakkumdu Pemilu 2024 di Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper