Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Mengatasi Sambaran Petir ala Akademisi

Selain menjauhi aktivitas yang berhubungan dengan kelistrikan, penggunaan penangkap atau penangkal petir juga menjadi salah satu solusi.
Hujan disertai petir./Istimewa
Hujan disertai petir./Istimewa

Bisnis.com, MALANG—Ada beberapa tips dari akademisi untuk menghindari sambaran petir saat memasuki musim penghujan, yakni memantau cuaca secara berkala, meminimalisasi penggunaan listrik dan telepon genggam, serta memasang alat penangkal petir.

Dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang, Machmud Effendy, mengatakan menghadapi perubahan cuaca ini, masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, utamanya saat hujan datang disertai petir. 

“Secara prinsip, petir mengandung muatan listrik negatif sehingga akan selalu mengincar sesuatu yang memiliki muatan listrik positif, termasuk diantaranya bumi,” katanya, Sabtu (25/11/2023). 

Menurut dia, kelalaian masyarakat terhadap munculnya petir cukup berbahaya. Tak jarang pula, kehadirannya menimbulkan kerugian secara material hingga jatuhnya korban jiwa.

“Petir kerap mengincar bangunan-bangunan yang tinggi dan luas serta memiliki banyak aliran listrik. Bangunan itu berpotensi lebih besar terkena sambaran petir, seperti misalnya rumah tempat tinggal, fasilitas perkantoran, gedung olahraga, gedung pemerintahan dan gedung-gedung sejenisnya,” jelasnya.

Machmud menyampaikan, manusia yang merupakan aktor utama, perlu memiliki edukasi yang memadai terkait cara melindungi diri dari petir a.l a dengan memantau ramalan cuaca secara berkala, menjauhi tempat terbuka ketika cuaca buruk, serta meminimalisir penggunaan listrik dan telepon genggam ketika sedang hujan.

"Penggunaan listrik dan telepon genggam yang menimbulkan radiasi berpotensi juga menjadi jalur bagi arus petir yang dapat membahayakan manusia. Termasuk juga ketika mengoperasikannya saat berada di dalam mobil,” ujarnya.

Selain menjauhi aktivitas yang berhubungan dengan kelistrikan, penggunaan penangkap atau penangkal petir juga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi peluang terjadinya sambaran petir. 

Masyarakat kerap mengira bahwa kedua alat ini sama, tapi pada dasarnya berbeda. Penangkap petir bekerja dengan cara menangkap petir yang menyambar, kemudian menyalurkan ke tanah dengan tegangan serendah-rendahnya. Sementara itu, penangkal petir menggunakan listrik tegangan yang sangat tinggi sehingga petir dapat langsung dimentahkan.

"Kesalahpahaman masyarakat ini menjadi bukti kurangnya edukasi dan mispersepsi tentang petir,” ucapnya.

 Meski tujuannya sama, dia menegaskan, penangkap dan penangkal listrik memiliki fungsi yang berbeda. Penangkap listrik biasanya digunakan pada skala kecil menengah, seperti rumah tangga, industri mikro, hingga gedung perkantoran kecil. Penangkap listrik juga dinilai efisien karena jauh lebih terjangkau dari segi biaya.

Penangkal listrik membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal, bahkan mencapai dua puluh kali lipat. Hal tersebut disebabkan oleh mahalnya biaya pembelian alat yang mampu memproduksi listrik hingga tegangan lebih dari 40.000 volt.

Di samping harganya yang cenderung mahal, kata dia,  alat penangkal listrik memiliki jangkauan yang sangat luas. Satu  alat penangkal listrik dapat menjangkau bahkan hingga radius 50 meter, sehingga alat ini cocok untuk digunakan dalam lingkup yang lebih luas, seperti kawasan industri, kawasan perkantoran, pabrik dan gedung olahraga.

“Alat ini juga memiliki berbagai keuntungan lain seperti penggunaan sistem elektro statis, sehingga pantulan listrik yang dihasilkan tidak menimbulkan radiasi apapun yang dapat membahayakan lingkungan maupun manusia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper