Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Niat dan Cara Sholat Jamak Maghrib dan Isya

Berikut ini adalah niat dan cara sholat jamak maghrib dan isya yang baik dan benar.
Niat sholat jamak/Freepik
Niat sholat jamak/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Sholat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan umat Muslim. Namun, terdapat keadaan tertentu di mana Allah memberikan keringanan kepada umat-Nya dalam melaksanakan sholat, terutama bagi mereka yang sedang dalam perjalanan atau menghadapi kondisi tertentu.

Salah satu bentuk keringanan ini adalah sholat jamak, di mana sholat fardhu tertentu dengan waktu yang berbeda bisa digabungkan.

Bagi para musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan dengan jarak minimal 81 km, diizinkan untuk melakukan sholat jamak takhir ini, berikut ini syarat untuk melakukan sholat jamak.

Sementara itu, dalil shalat jamak seperti diriwayatkan Abu Daud sebagai berikut:

“Dari Muadz bin Jabal, bahwasannya Nabi SAW dalam perang tabuk, apabila beliau berangkat sebelum tergelincir matahari, beliau menta’khirkan shalat Zhuhur hingga beliau kumpulkan dengan shalat Ashar, beliau gabungkan keduanya (Zhuhur dan Ashar) waktu Ashar, dan apabila berangkat sesudah tergelincir matahari, beliau kerjakan shalat Zhuhur dan Ashar sekaligus, kemudian beliau berjalan. Dan apabila beliau berangkat sebelum Maghrib, beliau menta’khirkan Maghrib hingga beliau melakukan shalat Maghrib beserta Isya’ dan apabila beliau berangkat sesudah waktu Maghrib beliau segerakan shalat Isya’ dan beliau menggabungkan shalat Isya’ bersama Maghrib." (HR. Abu Daud)

Syarat-syarat untuk Melakukan Sholat Jamak

  • Musafir atau Dalam Perjalanan: Syarat utama adalah seseorang harus dalam keadaan musafir atau dalam perjalanan dengan jarak minimal 81 km menurut sebagian besar ulama.
  • Tidak Dalam Perjalanan Maksiat: Sholat jamak hanya bisa dilakukan dalam keadaan baik, bukan dalam situasi melakukan maksiat kepada Allah.
  • Dalam Keadaan Ketakutan atau Kesulitan: Jika seseorang dalam keadaan takut atau menghadapi kesulitan seperti sakit, hujan lebat, angin topan, atau bencana alam lainnya, maka boleh melakukan sholat jamak. Namun, syarat ketiga ini berlaku bagi orang yang senang melaksanakan sholat berjama’ah di masjid.

Niat dan Tata Cara dan Niat Sholat Jamak Takhir Maghrib dan Isya

  • Jamak Taqdim

Menjamak sholat Maghrib dan Isya dengan jamak taqdim adalah menggabungkan dua sholat dengan cara mengerjakannya pada waktu sholat yang pertama, yakni waktu Maghrib. Berikut adalah tata cara menjamak sholat Maghrib dan Isya dengan jamak taqdim:

Niat Jamak Taqdim: Bacalah niat untuk menjamak sholat Maghrib dan Isya dengan jamak taqdim sebelum memulai sholat:

"Ushollii fardhol maghribi tsalaatsa rakaaatin majmuu’an ma’al ‘isyaai jam’a taqdiimin adaa-an lillaahi taaalaa.”

Artinya:

"Aku sengaja sholat fardu Maghrib 3 rakaat yang dijama dengan Isya, dengan jamak taqdim, fardhu karena Allah Taaala."

Sholat Maghrib: Melakukan sholat Maghrib seperti biasanya yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam setelah menyelesaikan tiga rakaat.

Sholat Isya: Setelah menyelesaikan sholat Maghrib, lanjutkan dengan sholat Isya empat rakaat tanpa ada jeda. Bacalah niat untuk sholat Isya seperti berikut:

 "Ushollii fardhol ‘isyaai arba’a rakaaatin majmuu’an ma’al maghribi jam’a taqdiimin adaa-an lillaahi taaalaa.”

Artinya’

"Aku berniat sholat Isya’ empat rakaat dijamak dengan Maghrib, dengan jamak taqdim, fardhu karena Allah Taaala."

  • Jamak Takhir

Selain jamak taqdim, cara lain untuk menjamak sholat Maghrib dan Isya adalah dengan jamak takhir. Ini berarti melakukan sholat Maghrib dan sholat Isya pada waktu Isya. Berikut adalah tata cara menjamak sholat Maghrib dan Isya dengan jamak takhir:

Niat Jamak Takhir Sholat Maghrib: Bacalah niat untuk menjamak sholat Maghrib dan Isya dengan jamak takhir sebelum memulai sholat seperti:

"Usholli fardhol maghribi tsalasa roka'atin majmu'an bil'isya-i jam'a takhirin lillahi ta'alaa.”

Artinya;

 "Saya niat sholat fardlu Maghrib tiga rakaat dijamak bersama Isya dengan jamak takhir karena Allah Ta’ala."

Sholat Jamak Takhir Isya: Lakukan sholat Maghrib tiga rakaat terlebih dahulu pada waktu Isya, kemudian lanjutkan dengan sholat Isya empat rakaat tanpa ada jeda.

Bacalah niat untuk sholat Isya setelah selesai sholat Maghrib, seperti:

"Usholli fardhol 'isya-i arba'a roka'atin majmu'an bil maghribi jam'a takhirin lillahi ta'alaa.”

Artinya:

 "Saya niat sholat fardlu Isya empat rakaat dijamak bersama sholat Maghrib dengan jamak takhir karena Allah Ta’ala."

  • Jamak Qashar

Cara lain untuk menjamak sholat Maghrib dan Isya adalah dengan jamak qashar. Hal ini diperuntukkan bagi mereka yang sedang dalam perjalanan jauh. Caranya adalah memadukan dua sholat fardhu dalam satu waktu dan memangkas jumlah rakaat yang semula empat menjadi dua rakaat pada setiap sholat.

Tata cara melaksanakan jamak qashar bisa menggunakan metode jamak taqdim atau jamak takhir, tergantung pada situasi dan keadaan yang dihadapi. Baik jamak takdim maupun takhir, dimulai dengan sholat magrib sebanyak 3 rakaat dan membaca niat jamak taqdim dengan isya.

Setelah selesai sholat magrib, dilanjutkan dengan mengerjakan sholat isya 2 rakaat dengan niat jamak qashar dengan sholat magrib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper