Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Niat dan Cara Melaksanakan Sholat Jamak Takhir, Taqdim

Terdapat dua jenis sholat jamak, taqdim dan takhir. Ini perbedaan sholat jamak taqdim dan takhir, bacaan niat dan cara melaksanakan sholat jamaknya.
Perbedaan sholat jamak taqdim dan takhir, lengkap dengan bacaan niat dan cara melaksanakan sholatnya. - h9images/freepik
Perbedaan sholat jamak taqdim dan takhir, lengkap dengan bacaan niat dan cara melaksanakan sholatnya. - h9images/freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Sholat jamak adalah suatu bentuk ibadah dalam agama Islam yang menggabungkan dua sholat dalam satu waktu. Terdapat dua jenis sholat jamak, yaitu taqdim dan takhir. Mengetahui tata cara sholat jamak menjadi penting bagi umat Muslim. Bagaimana pelaksanaannya dan apa yang membedakan keduanya?

Menurut panduan dari buku 'Panduan Shalat Rasulullah' oleh Abu Wafa, sholat jamak dapat dilakukan dengan menggabungkan sholat Dzuhur-Ashar dan Maghrib-Isya.

Jamak Takhir: Penggabungan di Waktu Sholat Kedua

Sholat jamak takhir merujuk pada penggabungan dua sholat dengan melaksanakannya pada waktu sholat yang kedua atau terakhir. Sebagai contoh, menjamak sholat Dzuhur dan Ashar lalu dikerjakan pada waktu Ashar. Namun, dalam jamak takhir, sholat yang pertama tetap dilakukan terlebih dahulu meskipun waktu pelaksanaannya pada sholat kedua.

Jamak Taqdim: Penggabungan di Waktu Sholat Pertama

Sementara sholat jamak taqdim adalah menggabungkan dua sholat pada waktu yang pertama. Sebagai contoh, menjamak sholat Dzuhur dengan Ashar lalu dikerjakan pada waktu Dzuhur.

Sementara itu, dalil shalat jamak seperti diriwayatkan Abu Daud sebagai berikut:

“Dari Muadz bin Jabal, bahwasannya Nabi SAW dalam perang tabuk, apabila beliau berangkat sebelum tergelincir matahari, beliau menta’khirkan shalat Zhuhur hingga beliau kumpulkan dengan shalat Ashar, beliau gabungkan keduanya (Zhuhur dan Ashar) waktu Ashar, dan apabila berangkat sesudah tergelincir matahari, beliau kerjakan shalat Zhuhur dan Ashar sekaligus, kemudian beliau berjalan. Dan apabila beliau berangkat sebelum Maghrib, beliau menta’khirkan Maghrib hingga beliau melakukan shalat Maghrib beserta Isya’ dan apabila beliau berangkat sesudah waktu Maghrib beliau segerakan shalat Isya’ dan beliau menggabungkan shalat Isya’ bersama Maghrib." (HR. Abu Daud).

Cara Melaksanakan Sholat Jamak Taqdim dan Takhir

Tata cara sholat jamak takhir dan taqdim sama seperti sholat pada umumnya. Perbedaannya terletak pada niat yang dipanjatkan sebelum pelaksanaan sholat.

1. Bacaan Niat Sholat Jamak Taqdim Dzuhur dan Ashar

أُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِ جَمْعَ تَقْدِيْمٍ مَجْمُوعًا إِلَيْهِ الْعَصْر أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ آدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushallii fardhadzh dzhuhri jam'a taqdiimin majmuu'an ilaihil 'ashru arba'a raka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat sholat fardhu Dzuhur dengan jamak taqdim dijamak bersama Ashar empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Setelah membaca niat untuk sholat Dzuhur, lanjutkan dengan membaca niat untuk sholat Ashar. Usai menyelesaikan sholat Dzuhur, langsung lanjutkan dengan Ashar, dengan membaca niat sebagai berikut:

أُصَلِّي فَرْضَ العَصْرِ أربع رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع الظُّهْرِ اَدَاءً للهِ تَعَالى

Ushollii fardlol 'ashri arba'a raka'aatin majmuu'an ma'azh zhuhri adaa-an lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku sengaja sholat fardu Ashar 4 rakaat yang dijamak dengan Dzuhur, fardu karena Allah Ta'aala,"

2. Bacaan Niat Sholat Jamak Taqdim Maghrib dan Isya

اُصَلِى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ جَمْعًا تَأخِيْرًا مَعَ العِشَاءِ فَرْضًا للهِ تََعَالَى

Ushollii fardlozh maghribi tsalaatsa raka'aatin majmuu'an ma'al 'isyaa'i Jam'a ta-khiirinin adaa-an lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku sengaja sholat fardu Maghrib 3 rakaat yang dijamak dengan Isya, dengan jamak takhir, fardu karena Allah Ta'aala,"

Begitu juga dengan sholat Maghrib, lanjutkan dengan membaca niat untuk sholat Isya setelah selesai sholat Maghrib, sebagai berikut:

اُصَلّى فَرْضَ العِسَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ جَمْعًا تَأخِيْرًا مَعَ المَغْرِبِ فَرْضًا للهِ تََعَالَى

Ushollii fardlozh 'isyaa'i arba'a raka'aatin majmuu'an ma'al magribi Jam'a ta-khiirinin adaa-an lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku berniat sholat Isya empat rakaat yang dijamak dengan Maghrib, dengan jamak takhir, fardhu karena Allah Ta'aala.”

3. Doa Niat Sholat Jamak Takhir Dzuhur dan Ashar

أُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِ جَمْعَ تأخِيْرٍ مَجْمُوعًا إِلَيْهِ الظُّهْرِأَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ آدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushallii fardhal 'ashri jam'a ta'khiirin majmuu'an ilaihidzh dzhuhri arba'a raka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Saya niat shalat fardhu Ashar dengan jamak takhir dijamak bersama Dzuhur empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Pertama-tama, membaca niat untuk sholat Ashar. Setelah selesai sholat Ashar, lanjutkan dengan membaca niat untuk sholat Dzuhur seperti di bawah ini.

أُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِ جَمْعَ تأخِيْرٍ مَجْمُوعًا إِلَيْهِ الْعَصْر أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ آدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushallii fardhadzh dzhuhri jam'a ta'khiirin majmuu'an ilaihil 'ashru arba'a raka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat shalat fardhu Dzuhur dengan jamak takhir dijamak bersama Ashar empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

4. Doa Niat Sholat Jamak Takhir Maghrib dan Isya

أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاءِ جَمْعَ تأخِيْرٍ مَجْمُوعًا إِلَيْهِ المَغْرِبِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ آدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushallii fardhal 'isya'i jam'a ta'khiirin majmuu'an ilaihil maghribi arba'a raka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat shalat fardhu Isya dengan jamak takhir dijamak bersama Maghrib empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.”

Membaca niat untuk sholat Isya terlebih dahulu, lalu setelah selesai sholat Isya, dilanjutkan dengan membaca niat untuk sholat Maghrib sebagai berikut.

أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ جَمْعَ تأخِيْرٍ مَجْمُوعًا إِلَيْهِ العِشَاءِ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ آدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushallii fardhal maghribi jam'a ta'khiirin majmuu'an ilaihil 'isya'i tsalatsa raka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat shalat fardhu Maghrib dengan jamak takhir dijamak bersama Isya tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper