Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Tujuan Investasi Utama Zhejiang, Prabowo Dorong Investasi Bidang Keamanan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendorong adanya investasi di bidang keamanan antara Indonesia dengan perusahaan-perusahaan dari Provinsi Zhejiang, China.
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di lingkungan Istana Negara, Jakarta, Senin (26/3/2023) sore. ANTARA/Desca Lidya Natalia
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di lingkungan Istana Negara, Jakarta, Senin (26/3/2023) sore. ANTARA/Desca Lidya Natalia

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendorong adanya investasi di bidang keamanan antara Indonesia dengan perusahaan-perusahaan dari Provinsi Zhejiang, China.

Prabowo menuturkan, Indonesia menjadi provinsi tujuan utama investasi dari provinsi denan PDB terbesar keempat di China itu. Dia memaparkan, Zhejiang menyumbang 21,9 persen dari total investasi China di Indonesia dengan realisasi US$1,81 miliar.

"Selain inestasi pertambangan dan hilirisasi mineral ke depan, kami ingin mendorong lebih banyak kerja sama di bidang infrastruktur, konektivitas, transisi energi, ekonomi hijau, kelautan dan perikanan, pertanian, dan ketahanan pangan, kesehatan, dan bioteknologi, industri halal, pariwisata, serta industri keamanan," ujarnya dalam sambutannya di acara Gala Dinner Kadin Indonesia-Zhejiang, Senin (13/11/2023).

Lebih lanjut, Prabowo menyambut baik kunjungan Sekretaris Komite Partai Komunis China Provinsi Zhejiang Yi Lianhong ke Indonesia.

Menurutnya, kedatangannya ke Indonesia menjadi sinyal bahwa Zhejiang memberikan perhatian yang besar terhadap dukungan kepada pemerintah Indonesia.

Pasalnya, China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dengan nilai perdagangan mencapai US$133,65 miliar pada 2022. Indonesia juga menjadi urutan ketujuh sebagai mitra dagang Provinsi Zhejiang dengan nilai perdagangan US$22,71 miliar.

"Saya yakin kunjungan ke Indonesia dapat mendorong lebih banyak lagi peningkatan hubungan perdagangan dua arah antara Indonesia dan China khususnya dengan provinsin Zhejiang," ucapnya.

Sementara itu, Yi Lianhong mengatakan terkesan dan merasa terharu dengan perkembangan yang ada di Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan tempat yang indah dengan keramahtamahan rakyatnya.

Dia mengungkapkan, persahabatan antara Indonesia dengan China bagaikan pohon cemara yang telah tumbuh selama ribuan tahun.

"Hubungan kita semakin dekat dan erat sehingga menciptakan pohon persahabatan yang luar biasa," ungkapnya.

Dia juga mengumpakan persahabatan kedua negara bagaikan lautan luas, sehingga memiliki peluang yang tak terbatas.

Pasalnya, Zhejiang terlibat aktif di one belt one road. Untuk itu, Indonesia memiliki peluang yang tak terbatas.

"Kesungguhan kita bagaikan emas yang sangat murni. Masyarakat Zhejiang punya riwayat untuk berkomunikasi secara terbuka dan harmonis. Dalam kesempatan ini, saya mohon ke Prabowo dan Bahlil, untuk mengunjungi Zhejiang dan lihat kondisi dan keindahan di sana," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper