Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Lagi Diakui PDIP, Gibran Angkat Bicara

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memberikan komentarnya setelah disebut bukan lagi bagian dari PDIP.
Gibran merespons pernyataan Ketua DPC PDIP Solo/Bisnis.com - Hesti
Gibran merespons pernyataan Ketua DPC PDIP Solo/Bisnis.com - Hesti

Bisnis.com, SOLO - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memberikan komentarnya setelah disebut bukan lagi bagian dari PDIP.

Seperti diketahui, Ketua DPC PDIP Solo, FX sebelumnya mengatakan jika Gibran sudah lagi bukan bagian dari PDIP.

Meski belum mengembalikan KTA tapi pencalonan Gibran sebagai Cawapres koalisi partai lain sudah menjadi petanda bahwa Solo 1 tak lagi merah.

"Hingga saat ini KTA belum dikembalikan. Akan tetapi, dikembalikan atau tidak silakan. Pokoknya sudah tidak jadi masalah. Mas Gibran sudah sah tidak menjadi bagian dari PDI Perjuangan lagi sejak menjadi bacawapres untuk koalisi partai lain," kata FX Rudy pada Senin, 6 November 2023.

Saat ditemui di Balai Kota Solo, Selasa 7 November 2023, putra sulung Jokowi tersebut memberikan respons atas klaim FX Rudy tersebut.

Menurutnya, jika FX Rudy mengatakan demikian, maka mungkin demikianlah adanya.

"Ya silahkan kalau pak Rudy bilang begitu," katanya.

Gibran sendiri sebelumnya sudah mengonfirmasi telah menerima surat daei FX Rudy. Isinya tak lain memintanya datang ke kantor DPC untuk mengundurkan diri dari PDIP dan mengembalikan KTA.

Akan tetapi hingga saat ini, Gibran Rakabuming Raka disebut belum juga secara resmi mengatakan mengundurkan diri dari partau berlogo banteng tersebut.

Ini bukan kali pertama Gibran tak diakui lagi sebagai kader PDIP. Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun sebelumnya menyatakan Gibran sudah melanggar keputusan partai melalui perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri karena menerima pinangan menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Padahal, PDIP mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Komarudin menegaskan, aturan partai sudah tegas menyatakan agar setiap kader tegak lurus pada keputusan partai. Oleh sebab itu, lanjutnya, otomatis Gibran sudah tidak jadi anggota PDIP.

“Secara de facto, keanggotaan Gibran di PDI Perjuangan telah berakhir setelah pendaftarannya secara resmi menjadi cawapres dari KIM [Koalisi Indonesia Maju]," ujar Komarudin dari Merauke (26/10/2023), dikutip dari rilisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper