Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kecam Serangan Israel, MUI Gelar Aksi Bela Palestina di Monas Besok

Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar aksi untuk membela Palestina besok di Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023).
Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI Cholil Nafis/Islamic-center.or.id
Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI Cholil Nafis/Islamic-center.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar aksi untuk membela Palestina besok di Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023). 

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI Cholil Nafis mengatakan bahwa aksi tersebut akan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat termasuk tokoh lintas agama.

Beberapa pejabat juga disebut akan hadir mulai dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) hingga Ketua DPR. 

"Ya betul besok kita akan mengadakan aksi bela Palestina. Akan dihadiri oleh pejabat seperti Menko PMK, Kementerian Luar Negeri, kemudian Ketua DPR, Ketua MPR," katanya saat dihubungi Bisnis, Sabtu (4/11/2023).

Cholil menyampaikan bahwa aksi tersebut akan dihadiri tidak hanya oleh umat Islam. Dia mengeklaim banyak peserta aksi yang akan hadir besok di Monas. 

Dia mengatakan aksi di Monas besok ingin menyuarakan bahwa pemerintah dan masyarakat Indonesia mengutuk serangan Israel ke Palestina. Seperti diketahui, eskalasi kekerasan yang terjadi di daerah tersebut meningkat setelah serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023. 

"Mengutuk, marah terhadap agresi Israel yang membunuh masyarakat sipil, sekarang ibu anak orang tua yang dibunuh. Maka kami meminta hentikan penyerangan itu, gencatan senjata segera dilakukan," kata Cholil.

Selain itu, aksi bela Palestina besok akan meminta agar adanya jalan damai antara Palestina dan Israel. Aksi tersebut, lanjut Cholil, akan mengutuk perbuatan Israel yang melukai kemanusiaan, keadilan, serta hak asasi manusia (HAM). 

"Berharap negara-negara yang terlibat, yang ada hubungan diplomasi dengan Israel untuk mengambil langkah tegas. Termasuk OKI dan PBB," tutupnya. 

Pada perkembangan lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan tahap pertama dengan berat 51,5 ton untuk Palestina dari Indonesia hari ini, Sabtu (4/11/2023). 

Pelepasan bantuan itu dilakukan di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023). Jokowi memerinci bahwa bantuan sebesar 51,5 ton tahap pertama ini akan dibawa menggunakan tiga pesawat yang memuat bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya sesuai dengan kebutuhan di Gaza. 

Jokowi lalu mengatakan bahwa bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera dikirimkan menuju Bandar Udara Internasional El Arish, Mesir, lalu diteruskan dan disalurkan ke Gaza.

"Ini merupakan wujud solidaritas Indoensia, wujud kepedulian bangsa indoensia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan. Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan saudara kita bangsa Palestina,” pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper