Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MAKI Ragukan Klaim Firli Soal Alex Tirta, Tunjukkan Foto Ini

Boyamin lalu menunjukkan sebuah foto yang menggambarkan Firli dan Alex Tirta dalam suatu momen.
Ilustrasi./sumber: MAKI
Ilustrasi./sumber: MAKI

Bisnis.com, JAKARTA -- Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) meragukan klaim Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang mengaku tidak mengenal Alex Tirta.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman lalu menunjukkan sebuah foto yang menggambarkan Firli pada suatu acara. Foto itu disebut Boyamin diambil pada 2019 ketika syukuran atas pengangkatannya menjadi Kabaharkam Polri. Di foto tersebut, sosok Alex Tirta juga terlihat berdiri berfoto bersama Firli.

"MAKI menemukan foto di mana itu terjadi pada 2019 ketika Pak Filri syukuran ketika diangkat menjadi Kabaharkam, setelah jadi Kapolda Sulsel. Jadi sebelum dilantik sebagai Ketua KPK, itu ternyata bikin acara syukuran, dan di situ ada Alex Tirta. Jadi ini sekaligus pernyataan lawyernya pak Pak Firli, Ian Iskandar yang mengatakan bahwa Pak Firli tidak mengenal Alex Tirta," kata Boyamin kepada wartawan, Kamis (2/11/2023).

Sosok Alex Tirta merupakan pihak penyewa rumah singgah Firli di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Untuk diketahui, rumah tersebut merupakan salah satu rumah yang digeledah oleh penyidik Polda Metro Jaya pekan lalu, terkait dengan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK pada penanganan kasus di Kementerian Pertanian (Kementan). Rumah Firli lainnya di Bekasi, Jawa Barat ikut digeledah.

Dengan foto tersebut, Boyamin mengatakan bahwa penyidik Polda Metro Jaya perlu mendalami keterangan kuasa hukum Firli dan Alex Tirta yang berbeda.

Seperti diketahui, Alex justru mengaku secara terpisah bahwa mengenal sosok Firli Bahuri.

"Nah justru nampak Pak Alex Tirta mengakui kenal dengan Pak Firli, tetapi justru lawyernya Pak Firli mengatakan tidak kenal, nah ini yang justru harus didalami betul," ucapnya.

Di sisi lain Alex Tirta mengonfirmasi rumah No.46 di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan yang menjadi rumah singgah Ketua KPK itu dengan harga sewa Rp650 juta per tahun.

Alex mengonfirmasi bahwa rumah yang menjadi rumah singga Firli Bahuri tersebut disewa sejak 2020 dengan harga tertentu untuk kepentingan bisnis dan mengakomodasi tamu dari luar kota hingga luar negeri.

“Memang benar kalau saya menyewa rumah tersebut sekitar tahun 2020 untuk kepentingan bisnis. Jadi rumah itu dipakai sebagai tempat akomodasi tamu-tamu bisnis saya dari luar kota atau luar negeri,” kata Alex dalam keterangannya.

Sementara itu, sebelumnya kuasa hukum Firli Bahuri, Ian Iskandar membantah kliennya berhubungan langsung dengan Alex Tirta. Dia mengatakan bahwa Firli menyuruh seseorang bernama Andreas untuk mencarikan untuknya rumah singgah di Jakarta.

Ian mengatakan Andreas telah bekerja untuk Firli sejak 2009. Dia mengatakan juga bahwa Andreas dan agen properti yang berhubungan dengan Alex Tirta.

"Enggak tahu [hubungan Firli dan Alex Tirta] karena si andreas, Ray White yang berhubungan dengan Alex Tirta, pemilik rumahnya. Bukan hubungan langsung dengan Pak Firli," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper