Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Target Lapangan Kerja Capres 2024: Ganjar 17 Juta, Anies 15 Juta, Prabowo?

Berbeda dengan Anies dan Ganjar, Prabowo tak menargetkan berapa banyak lapangan pekerjaan yang akan tercipta, jika keduanya memenangi Pilpres 2024.
Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka / BISNIS - Surya Dua Artha
Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka / BISNIS - Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA — Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto resmi mendaftarkan diri sebagai calon presiden (capres) 2024. Janji-janji mereka jika terpilih sebagai Presiden periode 2024-2029 tertuang dalam dokumen visi dan misi, termasuk soal penciptaan lapangan kerja.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam salah satu misinya berkomitmen mengentaskan kemiskinan, salah satunya dengan memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja.

Secara terperinci, Anies menargetkan penciptaan minimal 15 juta lapangan pekerjaan baru, termasuk pekerjaan hijau (green jobs) pada 2025-2029, jika terpilih memimpin Indonesia.

Tak berhenti pada penciptaan lapangan kerja, Anies juga berkomitmen untuk menurunkan tingkat pengangguran dari 5,45 persen pada Februari 2023 menjadi 3,5-4 persen pada 2029. Caranya, dengan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas di seluruh sektor, termasuk industri manufaktur.

Paslon ini juga menargetkan untuk menurunkan proporsi pekerja sektor informal dari 60,12 persen pada Februari 2023 menjadi 50 persen pada 2029.

Hal lain yang dijanjikan paslon ini di sektor ketenagakerjaan diantaranya menaikkan batas tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) secara rasional, mendorong dunia usaha merekrut dan menstimulasi lebih banyak tenaga kerja lokal, serta membangun ekosistem kewirausahaan nasional yang mampu melahirkan berbagai usaha rintisan dan pengusaha muda.

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menargetkan sedikit lebih banyak penciptaan lapangan kerja dibandingkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Ganjar-Mahfud menargetkan 17 juta lapangan kerja baru jika dipercaya untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan. Kendati demikian, mereka tak banyak membahas lebih jauh mengenai sektor ini.

Adapun upaya yang ditempuh untuk mewujudkan target tersebut adalah dengan memastikan penyerapan angkatan kerja baru setiap tahunnya. Mereka juga berkomitmen untuk memangkas jumlah pengangguran hingga mencapai tingkat penyerapan tenaga kerja normal, agar semua rakyat cepat mendapatkan pekerjaan.

Meski menjanjikan penciptaan lapangan kerja yang berkualitas, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tak menargetkan berapa banyak lapangan pekerjaan yang akan tercipta, jika keduanya memenangi Pilpres 2024.

Dalam dokumen visi misinya, mereka menjabarkan sebanyak 8 poin sebagai upaya untuk menciptakan lapangan kerja yang berkualitas. Diantaranya, mendorong perusahaan untuk menempatkan angkatan kerja berusia 18-24 tahun sebagai 

karyawan tetap melalui subsidi premi asuransi untuk pekerja selama 12 bulan.

Selanjutnya, menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya dengan mengutamakan tenaga kerja lokal, hingga memberikan bantuan dan insentif untuk membuka usaha.

Keduanya juga berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan usaha dengan menghapus birokrasi dan regulasi yang menghambat serta melakukan pendampingan bagi wirausaha pemula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper