Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Ahmed Adheeb Abdul Ghafoor, Wapres Lebih Muda dari Gibran yang Cuma Jabat 4 Bulan

Di Indonesia, tengah viral manuver Gibran Rakabuming Raka yang jadi Cawapres Prabowo Subianto.
Ahmed Adheeb Abdul Ghafoor
Ahmed Adheeb Abdul Ghafoor

Bisnis.com, SOLO - Di Indonesia, tengah viral manuver Gibran Rakabuming Raka yang jadi Cawapres Prabowo Subianto. Prabowo sendiri telah mengumumkan hal tersebut pada Minggu, 22 Oktober 2023 malam WIB di kediamannya.

Itu artinya, Gibran menjadi Cawapres termuda saat ini dengan usia yang baru menginjak 36 tahun.

Namun tahukah kamu bahwa dalam sejarah, ada satu nama Wapres yang bahkan usianya lebih muda dari Gibran saat menjabat.

Dia adalah Ahmed Adeeb Abdul Ghafoor yang lahir 11 April 1982. Ahmed merupakan Wakil Presiden Maladewa keempat yang resmi dilantik pada 22 Juli 2015.

Saat ini usia Ahmed Adeeb sudah 41 tahun, namun saat menjabat sebagai Wakil Presiden usianya baru menginjak 33 tahun.

Tapi yang perlu diketahui, perjalanan Ahmed tidak langsung menuju kursi no.2 di negara tersebut. Meski dalam waktu yang relatif cepat, Ahmed sempat menjabat sebagai menteri di Maladewa.

Dilansir dar Presidency.gov.mv, setelah pengunduran diri Presiden Mohamed Nasheed yang kontroversial pada 7 Februari 2012, Presiden Waheed menunjuk Ahmeed sebagai Menteri Pariwisata.

Menyusul keputusan bersejarah yang dikeluarkan oleh Majelis Rakyat Maladewa untuk melakukan amandemen pertama pada Konstitusi tahun 2007 tentang usia Capres dan Cawapres, maka Ahmed muda dicalonkan sebagai Wapres kala itu.

Adeeb kemudian diangkat sebagai wakil presiden pada tanggal 23 Juli 2015. Penunjukannya didukung oleh Majelis Rakyat dengan rekor mayoritas 78 dari 85 suara mendukung.

Akan tetapi, kepemimpinan Adeep tak lama. Adeeb ditangkap setelah ledakan kapal pesiar Finifenmaa dan didakwa melakukan pengkhianatan tingkat tinggi.

Pengadilan Kriminal Maladewa kemudian menjatuhkan hukuman penjara 15 tahun terhadapnya. Namun, hukuman tersebut dibatalkan pada 20 Mei 2019 oleh Pengadilan Tinggi Maladewa.

Kemudian pada tanggal 5 November, Adeeb dicopot dari jabatannya sebagai wakil presiden melalui mosi tidak percaya dari Majlis Rakyat.

Itu artinya Ahmad Adeeb hanya menjabat sebagai Wakil Presiden selama 4 bulan saja yakni sejak 22 Juli 2015 hingga 05 November 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper