Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral di Platform X, Emil Dardak Disebut Lebih Potensial Jadi Cawapres Prabowo ketimbang Gibran dan Erick Thohir

Sebelumnya, hanya ada dua nama yang diprediksi masuk ke dalam bursa cawapres Prabowo Subianto.
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso  Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak melakukan peninjauan pelaksanaan kegiatan vaksinasi di Surabaya, Sabtu (4/9/2021)/Istimewa
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak melakukan peninjauan pelaksanaan kegiatan vaksinasi di Surabaya, Sabtu (4/9/2021)/Istimewa

Bisnis.com, SOLO - Sebelumnya, hanya ada dua nama yang diprediksi masuk ke dalam bursa cawapres Prabowo Subianto. Keduanya adalah Gibran Rakabuming Raka dan Erick Thohir.

Tapi sejak Rabu, 18 Oktober 2023 malam hingga Kamis 19 Oktober 2023 pagi WIB, viral jika ada nama Emil Dardak yang berpotensi masuk ke dalam bursa Cawapres Prabowo Subianto.

Bukan tanpa alasan, ada dua teori yang mendukung rumor yang berkembang hebat di Platform X tersebut.

Pertama adalah ikut sertanya Emil Dardak dalam putusan batas usia Capres dan Cawapres yang telah ditetapkan MK pada 16 Oktober 2023 lalu.

Emil sendiri menjadi salah penggugat batas usia capres cawapres. Gugatan termaktub nomor 55/PUU-XXI/2023 dan diajukan oleh sejumlah kepala daerah pada 9 Mei 2023,

Selain Emil, beberapa kepala daerah yang mengusulkan hal tersebut antara lain Wali Kota Bukittingi Erman Safar, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Wagub Jatim Emil Dardak, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, dan Wabup Sidoarjo Muhammad Albarraa.

Meski MK menolak usulan tersebut tapi Mahkamah Konstitusi tetap memberikan syarat tambahan yakni kepada mereka yang sudah pernah menjabat sebagai kepala daerah.

Emil menganggap putusan MK sebagai apresiasi bagi generasi muda. Dia mengatakan anak muda menjadi memiliki keterpanggilan untuk mengabdi ke jalur politik.

"Bahwa ini bagi kami sebuah apresiasi bagi generasi muda yang makin memiliki istilahnya keterpanggilan untuk pengabdi di jalur politik dalam konteks ini dalam pemerintah daerah," tuturnya.

Karena alasan ini, banyak pihak menganggap Emil akan maju sebagai Cawapres untuk Pilpres 2024 mendatang.

Teori kedua dan yang paling masuk akal...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper