Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kandungan Surat Al-Falaq, Arab, Latin, dan Artinya

Kandungan surat Al-Falaq salah satunya mengandung pesan penting terkait perlindungan dari berbagai kejahatan.
Kandungan Surat Al Falaq dan Artinya/Bisnis-Rizky Nurawan.
Kandungan Surat Al Falaq dan Artinya/Bisnis-Rizky Nurawan.

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap surat dalam Al Quran memiliki keutamaan yang luar biasa. Salah satunya Surat Al Falaq. Surat Al Falaq merupakan salah satu surat Al Quran yang berada di urutan ke-113. Surat Al Falaq berada di juz 30 dalam Al Quran. Untuk itu kamu perlu mengetahui juga kandungan Surat Al Falaq. 

Surat Al Falaq disebut sebagai Al Mu’awwidzatain bersama dengan Surat An Nas. Karena kedua surat tersebut diturunkan secara bersamaan oleh Allah kepada Rasulullah melalui malaikat Jibril. Para ulama mengkategorikan Surat Al Falaq ke dalam golongan Surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekkah sesudah Surat Al Fiil. Bahkan Rasulullah SAW membaca surat Al Falaq saat sedang sakit menjelang wafatnya.

Berikut ini adalah beberapa kandungan surat Al Falaq yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Kandungan surat Al Falaq

  • Surat Al Falaq mengandung isti'adzah (permintaan perlindungan) kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari segala kejahatan makhluk. Makhluk ini bisa siapapun dan apa pun, termasuk dirinya sendiri yang merupakan ciptaan Allah.
  • Dalam memohon perlindungan, dalam surat Al Falaq ini Allah disebut dengan sifatNya Rabbul falaq. Yakni tuhannya pagi/subuh dan tuhan seluruh makhluk. Sebagaimana Allah bisa membelah kegelapan malam dengan terangnya pagi, Allah juga kuasa menyingkirkan kejahatan dan kesulitan dengan memunculkan pertolongan.
  • Surat Al Falaq juga mengandung isti'adzah kepada Allah dari kejahatan (syarr) di waktu malam, kejahatan sihir, dan kejahatan orang-orang yang hasad. Meskipun ketiga kejahatan ini termasuk dalam kejahatan makhluk Allah (syarri maa khalaq), ketiganya memerlukan perhatian khusus sehingga disebutkan lebih rinci.
  • Dalam Surat Al Falaq ini terdapat dalil bahwa sihir itu ada dan karenaNya manusia harus berlindung kepada Allah, bukan kepada selainNya.
  • Surat Al Falaq menjelaskan hasad itu membawa keburukan dan mengakibatkan kejahatan. Karenanya kita perlu menghindarinya serta memohon perlindungan Allah darinya.
  • Dua surat Al Falaq dan An Nas yang disebut al mu’awwidzatain ini hendaknya dibaca dan diamalkan untuk mendapat perlindungan Allah dari segala kejahatan. Dalam keseharian, Rasulullah membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas sebelum tidur, meniupkan ke kedua telapak tangan lalu mengusapkan ke kepala, wajah dan seluruh tubuh.

2. Surat Al Falaq dan artinya

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bismillahirrahmaanirrahiim

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلۡفَلَقِ

Qul A'uudzu birabbil falaq

Artinya: Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh,"

مِن شَرِّ مَا خَلَقَ

Min syarri maa khalaq

Artinya: "dari kejahatan makhluk-Nya,"

وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ

Wa min syarri ghaasiqin idzaa waqab

Artinya: "dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,"

وَمِن شَرِّ ٱلنَّفَّٰثَٰتِ فِي ٱلۡعُقَدِ

Wa min syarrin naffaatsaati fiil 'uqad

Artinya: "dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul,"

وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Wa min syarri haasidin idzaa hasad

Artinya: "dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki."

3. Keutamaan surat Al Falaq

Surat Al Falaq adalah surat ke-113 dalam Al Quran. Surat ini memiliki beberapa keutamaan dan manfaat, di antaranya:

  • Perlindungan dari Kejahatan: Surat Al Falaq adalah surat perlindungan yang sangat kuat. Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk membaca surat ini sebagai benteng melawan segala macam kejahatan, seperti sihir, hasad dengki, dan segala bentuk bencana yang datang dari makhluk ghaib.
  • Penyembuh: Surat Al Falaq juga memiliki sifat penyembuh, baik fisik maupun spiritual. Membaca surat ini dengan niat penyembuhan bisa membantu mengatasi berbagai penyakit atau gangguan kesehatan.
  • Pembersih Diri: Selain melindungi dari kejahatan luar, Surat Al Falaq juga dapat digunakan sebagai sarana pembersihan diri dari niat jahat dan pemikiran negatif.
  • Meningkatkan Keimanan: Membaca Surat Al Falaq secara rutin dapat membantu memperkuat keimanan dan ketakwaan seseorang kepada Allah. Ini karena surat ini mengingatkan kita pada kekuasaan dan perlindungan Allah.
  • Menghilangkan Rasa Takut: Surat Al Falaq juga dapat membantu menghilangkan rasa takut dan kecemasan. Ketika seseorang merasa takut atau cemas, membaca surat ini dengan tawakal (berserah diri) kepada Allah bisa memberikan ketenangan pikiran.

Itulah beberapa kandungan surat Al Falaq yang mungkin belum kamu ketahui. Penting untuk diingat bahwa manfaat Surat Al Falaq bukan hanya terletak pada membaca teksnya, tetapi juga dalam memahami maknanya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper