Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dirjen Imigrasi Konfirmasi Mentan Syahrul Yasin Limpo Belum Kembali ke Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim memastikan bahwa Menteri Perta
Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Silmy Karim/ Antara
Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Silmy Karim/ Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim memastikan bahwa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo belum menginjakkan kaki di Tanah Air selepas melakukan kunjungan kenegaraan ke Spanyol dan Italia.

“Belum masuk ke Indonesia, terakhir [SYL] di Roma, kami pakai data perlintasan dan kerja sama antarnegara. Dia 24 September berangkat ya [ke luar Negeri],” katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (3/10/2023).

Lebih lanjut, dia memerinci keberangkatan Syahrul dimulai pada Selasa (24/9/2023) melalui Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta (Soetta) dengan menumpangi maskapai Qatar Airways menuju Doha, Qatar.

Kemudian, Syahrul melanjutkan tujuannya ke Roma, Italia yang direncanakan akan kembali lagi pada Sabtu (30/9/2023) atau Minggu (1/10/2023) untuk sampai di Indonesia tanggal.

Namun, dia melanjutkan saat melakukan pengecekkan melalui termonitor menyatakan bahwa Menteri dari partai NasDem itu belum ditemukan telah berada di Indonesia.

Selain itu, Silmy mengatakan bahwa status dari Syahrul pun belum masuk ke imigrasi dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) lantaran belum ada surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya belum dapat surat dari KPK berkaitan dengan usulan ataupun putusan berkaitan dengan kebutuhan dalam hal proses penyidikan di KPK. Sedangkan kami membatasi diri sesuai dengan tugas fungsi kami, karena [pencarian] itu ada kewenangan di KPK,” pungkas Silmy.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menegaskan bahwa Kementeriannya belum bisa melakukan pencarian terhadap keberadaan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang dikabarkan tengah menghilang usai melakukan kunjungan kenegaraan ke Spanyol dan Italia.

Menurutnya, lembaga yang bisa melakukan pencarian dalam waktu dekat adalah pihak Kepolisian dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Adapun, dia melanjutkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengamini belum ada upaya pencarian melalui kerja sama dengan Negara lain lantaran belum menerima surat dari KPK.

“Kalau kami tak bisa cari, polisi dan KPK yang bisa cari. Kalau kami kan kerja sama dengan Negara-negara lain. [Namun] Kami belum ada terima surat dari KPK,” ucapnya di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (3/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper