Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belarus Klaim Helikopter Polandia Langgar Wilayah Udaranya

Belarus mengklaim helikopter Polandia melanggar batas wilayah udaranya.
Ilustrasi helikopter.
Ilustrasi helikopter.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan Belarusia mengklaim bahwa sebuah helikopter Polandia memasuki wilayah udaranya,Kamis (28/9/2023), namun dibantah oleh Warsawa.

“Sekitar pukul 15.20, pesawat melintasi perbatasan Republik Belarus, terbang ke kedalaman satu setengah kilometer,” kata layanan pers kementerian.

Menurut layanan pers kementerian tersebut, pukul 16.22, helikopter kembali melanggar perbatasan negara, terbang sedalam 300 meter.

Belarus mengatakan bahwa mereka telah mengerahkan pesawat militernya sebagai tanggapan.

“Pernyataan pihak Belarusia hari ini tentang dugaan penyeberangan perbatasan oleh helikopter Polandia adalah salah,” kata Komando Operasional Angkatan Bersenjata Polandia sebagai tanggapannya.

“Militer Polandia, bertentangan dengan provokasi terus-menerus yang dilakukan oleh Republik Belarus, menghormati dan mematuhi semua ketentuan dan peraturan mengenai perbatasan yang tidak dapat diganggu gugat.”

Kementerian Luar Negeri Belarusia menyatakan telah memanggil kuasa usaha Polandia di negara tersebut, Martin Wojciechowski, sebagai protes atas dugaan insiden tersebut.

Ketegangan antara anggota NATO Polandia dan sekutu Kremlin, Belarus, meningkat setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Situasi semakin meningkat setelah ribuan tentara bayaran Grup Wagner pindah ke Belarus setelah pemberontakan singkat mereka melawan Moskow, yang menyebabkan Warsawa memperkuat kehadiran militernya di perbatasan.

Polandia menuduh Belarus melanggar wilayah udaranya dengan helikopter pada 1 Agustus, dan Minsk melontarkan tuduhan yang sama terhadap Warsawa pada 1 September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper