Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Demokrat Deklarasi Dukungan Prabowo Capres 2024 Malam Ini

Partai Demokrat akan mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) di Pilpres 2024 pada Kamis (21/9/2023) malam ini.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan sambutan pada acara HUT ke-22 Demokrat di Jakarta Pusat, Sabtu (9/9/2023). JIBI/Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan sambutan pada acara HUT ke-22 Demokrat di Jakarta Pusat, Sabtu (9/9/2023). JIBI/Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Demokrat akan mendeklarasikan dukungan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 pada Kamis (21/9/2023) malam ini.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya menjelaskan, deklarasi itu akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam forum rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat pada pukul 18.30 WIB.

"Deklarasi resmi untuk keputusan ini [dukung pencapresan Prabowo], akan disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat AHY dalam Rapimnas Partai Demokrat, hari Kamis, 21 September 2023, yang diikuti ribuan pengurus Partai Demokrat dari seluruh Indonesia," jelas Riefky dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (18/9/2023).

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menjelaskan, Prabowo dan para pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan hadiri acara deklarasi ini. KIM sendiri terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PBB, Partai Garuda, Partai Gelora, dan akan diisi Partai Demokrat.

Sebelumnya, AHY bersama Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menemui Prabowo dan para ketua umum partai politik pendukung pencapresan menteri pertahanan itu di Hambalang, Bogor pada Minggu (17/9/2023) sore.

Dalam kesempatan itu, Riefky mengatakan AHY menyampaikan hasil keputusan Majelis Tinggi Partai (MTP) yang jatuhkan dukungan pencapresan ke Prabowo. Menurutnya, AHY turut menitipkan beberapa agenda perubahan dan perbaikan untuk diperjuangkan Prabowo apabila terpilih jadi orang nomor satu di Indonesia menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang sudah baik dilanjutkan, yang belum baik diperbaiki," kata Riefky.

Pada kesempatan itu, SBY juga menyatakan bersedia terlibat langsung memenangkan bakal calon presiden Prabowo pada Pilpres 2024.

"Saya yakin dengan izin Allah masa Pak Prabowo untuk memimpin kita semua adalah melalui pilpres yang akan datang. For you saya siap turun gunung," kata SBY dalam video yang diunggah oleh akun Instagram resmi Partai Amanat Nasional (PAN), Minggu (17/9/2023).

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad meminta kadernya tetap rendah hati meski kini bertambah lagi satu partai politik pendukung pencapresan Prabowo Subianto, yaitu Partai Demokrat.

Wakil Ketua DPR ini pun meyakini, dukungan Demokrat ini akan menambah semangat kader Gerindra untuk berjuang bersama memenangkan Prabowo di Pilpres 2024. Dasco pun mengajak setiap kader Gerindra bersyukur.

Meski demikian, dia juga ingatkan agar kadernya tidak mawas diri. Dasco tidak ingin kader Gerindra jadi terlalu percaya diri dan menjadi sombong terutama kepada para lawan politiknya.

"Sebagai Ketua Harian, saya ingatkan kepada kader Partai Gerindra seluruh Indonesia untuk tetap rendah hati, untuk tetap bekerja keras, untuk tetap mendekatkan diri kepada rakyat dan untuk tetap menjaga suhu politik supaya damai dan kondusif," jelas Dasco dalam keterangannya, Minggu (17/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper