Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Daftar Seleksi CPNS-PPPK 2023 Lewat Portal SSCASN BKN

Calon pelamar yang hendak mendaftar seleksi CPNS dan PPPK wajib membuat akun lewat portal SSCASN BKN.
Pangkat golongan pns / Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
Pangkat golongan pns / Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Bisnis.com, JAKARTA - Calon pelamar yang hendak mendaftar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) wajib membuat akun lewat portal SSCASN BKN.

SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara merupakan portal informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk calon aparatur sipil negara (CASN).

Pendaftaran akun SSCASN ditujukan bagi seluruh pelamar, karena situs ini merupakan pintu pendaftaran pertama ke seluruh instansi pemerintah.

"Sobat BKN disarankan untuk memperhatikan betul cara setiap langkahnya seperti apa," kata keterangan di Instagram @bkngoidofficial, dikutip Kamis (21/9/2023).

Untuk pendaftaran, calon peserta bisa mengakses laman https://sscasn.bkn.go.id/.

Cara Membuat Akun SSCASN

Dikutip dari YouTube resmi BKN, calon pelamar baik CPNS maupun PPPK wajib melakukan langkah pertama yaitu membuat akun SSCASN.

Ada beberapa berkas yang perlu disiapkan, terdiri dari Nomor Induk Kependudukan (NIK); Nomor Kartu Keluarga (KK); Kartu Tanda Penduduk (KTP) format jpeg/jpg; Ijazah format pdf; Transkrip nilai format pdf; serta Dokumen pendukung lainnya format pdf.

Langkah pertama, untuk mendaftarkan akun, calon pelamar dapat mengunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id. Kemudian, pilih menu "SSCASN" di pojok kanan atas, lantas pilih opsi "Buat Akun".

Isi data Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone, e-mail aktif, dan kode captcha. Klik "Lanjutkan" untuk menuju langkah berikutnya.

Langkah kedua, adalah mengisi data diri, pastikan data pribadi telah lengkap dan sesuai identitas yang dimiliki.

Unggah file KTP dan lakukan swafoto dengan klik "Ambil foto". Setelah itu, masukkan password dan lengkapi pertanyaan keamanan dan jawabannya. Masukkan kode captcha, lalu klik "Lanjutkan".

Langkah ketiga, cek ulang data

Jika ada data yang salah atau tidak sesuai, calon pelamar bisa menyuntingnya dengan klik "Ubah data". Apabila data sudah sesuai, klik "Proses pendaftaran akun".

Langkah keempat, kartu informasi akun dapat dicetak dengan memilih opsi "Cetak informasi pendaftaran".

Apabila akun SSCASN telah terdaftar, calon pelamar bisa mendaftarkan diri untuk formasi CPNS atau PPPK, sebagai berikut:

Langkah kelima, login akun SSCASN

Login ke laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login dengan memasukkan NIK dan password yang telah terdaftar.

Langkah keenam, klik "Masuk", lengkapi biodata yang diminta serta masukkan captcha dan klik "Selanjutnya".

Pilih formasi

Calon pelamar akan diminta untuk memilih jenis seleksi yang terdiri dari CPNS, PPPK Guru, Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Teknis.

Pilih jenis formasi yang ingin dilamar, lalu lengkapi data yang diminta dan unggah dokumen yang diminta masing-masing instansi. Kllik "Selanjutnya" apabila dokumen telah sesuai.

Resume

Calon pelamar akan diminta mengecek ulang data dengan memberikan tanda centang untuk masing-masing kelengkapan.

Apabila sudah diberi tanda centang, proses pendaftaran dapat diakhiri dengan mencetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran CASN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper