Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasto Puji Museum SBY, PDIP dan Demokrat Makin Mesra?

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memuji kemegahan museum dan galeri seni buatan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memuji kemegahan museum dan galeri seni buatan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan,  Jawa Timur.

Sebagai informasi, museum dan galeri seni bernama SBY-Ani itu diresmi pada 17 Agustus 2023. Sehari setelahnya, Museum dan Galeri Seni SBY-Ani dibuka untuk pengunjung lokal hingga internasional.

“Pak SBY membangun museum di Pacitan. Museumnya bagus, 200 meter dari museum itu kantor PDI Perjuangan,” kata Hasto dalam pembukaan Rakerda PDIP Banten di Kantor DPD PDIP Banten, Serang, Minggu (10/9/2023), dikutip dari rilis media.

Terinspirasi dari kemegahan museum dan galeri seni milik presiden ke-6 RI itu, Hasto mengatakan PDIP akan merenovasi kantor partainya di Pacitan.

Menurutnya, meski lokasinya berdekatan, renovasi Kantor PDIP di Pacitan itu tidak akan merusak lingkungan Museum Ani-SBY.

“Maka kita bangga, cara gambarnya gimana? Bupati Trenggalek kita telepon, gotong royong bangunin, siapin gambarnya. Kita menyebutnya museum rakyat. Tempat kader partai bertemu rakyat,” kata Hasto.

Politisi asal Yogyakarta itu menyampaikan sejumlah pihak mau bergotong royong dalam pembangunan Kantor PDIP di Pacitan itu. Bahkan, lanjutnya, terkumpul dana hingga Rp6,5 miliar untuk rencana renovasi itu.

Sebelumnya, menguat isu Demokrat akan bergabung ke koalisi pendukung pencapresan Ganjar Pranowo bersama PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura. Terutama usai Demokrat mencabut dukungan atas pencapresan Anies Baswedan dan keluar dari Koalisi Perubahan.

Bahkan, Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron mengakui sudah ada rencana pertemuan antara dua pimpinan tertinggi Demokrat dan PDIP yaitu Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Ya, rencana [pertemuan] itu ada. Gagasannya sudah ada," katanya dalam acara HUT ke-22 Partai Demokrat di Jakarta Pusat pada Sabtu (9/9/2023).

Senada, Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan pihaknya memang sangat menginginkan adanya pertemuan itu, meskipun cenderung tak ingin diburu-buru.

"Kalau keduanya ketemu, bisa memberi sinyal-sinyal lain. Tetapi, menurut kami biarkan berjalan alami dan berproses apa adanya," ungkap Herzaky pada kesempatan yang sama.

Sementara itu, Hasto sempat mengakui komunikasi politik dengan Demokrat semakin intens. Dia mengaku sudah bertemu Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya.

“Kami mendengar beberapa partai politik yang mengusung Pak Ganjar itu juga akan mengadakan pertemuan dengan Partai Demokrat. Ini hal yang bagus komunikasi politik membangun kesepahaman,” jelasnya, Sabtu (9/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper