Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Kaji Ulang Bacawapres untuk Ganjar Usai Cak Imin Digandeng Anies

PDIP mengaku bakal mengkaji ulang Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) untuk Ganjar Pranowo usai deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.
Ketua DPR RI Puan Maharani pada Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan I tahun Sidang 2023-2024, di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023) - Youtube Setpres
Ketua DPR RI Puan Maharani pada Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan I tahun Sidang 2023-2024, di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023) - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA -- PDI Perjuangan (PDIP) akan mengkaji ulang Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) untuk Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, usai deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin). 

Puan menumbuhkan bahwa pengkajian ulang akan dilakukan, lanjutnya, terlebih Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sempat masuk dalam radar PDIP untuk mendampingi Ganjar

"Dengan situasi dan kondisi seperti ini tentu saja kami akan mempertimbangkan lagi hal-hal atau kemungkinan-kemungkinan yang nantinya akan menjadi suatu keputusan," kata Ketua DPP PDIP Puan Maharani usai menutup acara Solo International Performing Arts (SIPA) 2023 di Solo kemarin, dikutip dari keterangan resmi, Minggu (3/9/2023).

Berdasarkan catatan Bisnis, Puan pun beberapa kali sudah bertemu dengan Cak Imin dalam beberapa kali safari politik. Bacapres PDIP pun Ganjar Pranowo pun belum lama ini bertemu dengan Cak Imin. 

Hal tersebut lantaran sebelumnya nama bakal pendamping Ganjar Prabowo telah mengerucut ke lima nama yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, serta Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. 

"Jadi kita lihat lagi apakah, bagaimana, dan siapa yang akan mendampingi Mas Ganjar sebagai Bacawapres," sambung Puan.

Kendati demikian, Puan pun tak mengungkap kapan partainya akan mengumumkan siapa nama Bacawapres untuk Ganjar Pranowo. Dia hanya mengisyaratkan bahwa deklarasi akan diumumkan secepatnya. 

"Secepatnya," tegas Puan. 

Adapun Ketua DPR itu turut mengucapkan selamat atas deklarasi pasangan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Baswedan-Cak Imin.

"Saya ucapkan selamat kepada pasangan Mas Anies dan Cak Imin yang sudah mendeklarasikan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden," kata Puan.

Cucu Presiden Soekarno itu juga berbicara soal potensi menjalin kerja sama menuju kerja sama politik 2024 bersama dengan Partai Demokrat, yang menyatakan keluar dari Koalisi Perubahan usai ditetapkannya pasangan Anies-Cak Imin.

Terkait manuver Anies bersama Partai Nasdem itu, Puan menilainya sebagai dinamika politik pada kontestasi Pemilu. Seperti diketahui, manuver yang dimaksud tidak hanya memicu keluarnya Demokrat, namun juga keluarnya Muhaimin Iskandar atau Cak Imin serta PKB dari koalisi pendukung Prabowo Subianto. 

"[Komunikasi dengan Demokrat] Masih terjalin dan terus terjalin. Tentu saja setelah ini kita akan melakukan silaturahmi untuk menjajaki kemungkinan-kemungkinan yang ada, termasuk ke semua partai," kata Ketua DPR itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper