Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geger Kebakaran Hutan di Spanyol, Kemlu Update Kondisi 13 WNI di Pulau Tenerife

Direktur Perlindungan WNI Judha Nugraha menyampaikan kabar 13 WNI yang menetap di Pulau Tenerife pasca kebakaran hutan di Spanyol.
Kebakaran Hutan Spanyol/Reuters
Kebakaran Hutan Spanyol/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara terkait kondisi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca-kebakaran hutan yang melanda Spanyol. 

Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI Judha Nugraha menjelaskan bahwa kebakaran hutan melanda Taman Nasional Gunung Teide, Pulau Tenerife, Spanyol sejak Rabu (16/8/2023). 

"Bencana kebakaran hutan melanda Taman Nasional Gunung Teide, Pulau Tenerife, Spanyol sejak 16 Agustus 2023," katanya, saat ditanyai wartawan pada Senin (21/8/2023). 

Dia menyatakan bahwa kebakaran hutan di Spanyol semakin memburuk dan dilakukan evakuasi penduduk dari sekitar wilayah kebakaran. 

"Kebakaran semakin memburuk pada tanggal 19 Agustus 2023 yang mengakibatkan dilakukannya evakuasi besar-besaran di kawasan sekitar kebakaran," ujarnya. 

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa berdasarkan konferensi pers yang dilakukan oleh Gubenur Tenerife, upaya pemadam kebakaran dinilai masih efektif sehingga belum terdapat rumah yang terbakar.

"Titik kebakaran berada jauh dari dua lokasi pariwisata utama Pulau Tenerife," tambahnya.

Dia menekankan bahwa berdasarkan data dari KBRI Madrid, terdapat 13 WNI yang tinggal di Pulau Tenerife. 

"KBRI Madrid telah menjalin komunikasi dengan para WNI dan hingga saat ini mereka dalam kondisi selamat dan aman," ucapnya. 

Sementara itu, dia menegaskan bahwa KBRI Madrid akan terus memonitor kondisi seluruh WNI dan juga telah sampaikan imbauan agar para WNI meningkatkan kewaspadaan.

Seperti diketahui, kebakaran hutan yang berkobar di Pulau Tenerife, Spanyol berubah lebih parah yang memaksa evakuasi. Adapun sekitar 4.000 orang dipaksa meninggalkan rumah, pada Jumat (18/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper