Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

20 Ide Lomba 17 Agustus yang Lucu, Seru, dan Kekinian

Berikut ini rekomendasi ide lomba 17 agustus ini bisa kamu coba agar lebih dekat dengan temanmu.
Lomba 17 Agustus/iStockPhoto.
Lomba 17 Agustus/iStockPhoto.

Bisnis.com, JAKARTA - Menggelar berbagai jenis lomba 17 Agustus termasuk salah satu cara untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-78. Lomba 17 Agustusan pun biasanya dibagi per kelompok usia. Seperti lomba 17 Agustus ibu-ibu biasanya berbeda dengan lomba dengan bapak-bapak dan anak-anak. Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja rekomendasi lomba 17 Agustus nanti. 

Lomba-lomba yang diadakan semakin unik dan semakin menarik. Faktor tersebut yang membuat semua orang dari berbagai kalangan usia dan latar belakang semakin terdorong untuk mengikuti perlombaan Ketika 17 Agustus nanti. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi lomba 17 Agustus yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

  • Lomba 17 Agustus yang lucu 

  • Lomba menata rias dengan mata tertutup 

Dalam hal ini peserta diharuskan merias sambil menutup mata. Sehingga nantinya penilaian ditentukan dari keindahan dan kerapihan hasil tata rias tersebut. Hal ini tentu akan menjadi sangat lucu dan menyenangkan karena merias wajah dengan mata tertutup bukanlah hal yang mudah. 

  • Lomba tebak benda dalam kardus 

Lomba 17 agustus satu ini dengan menebak benda dalam kardus hanya membutuhkan insting yang kuat. Untuk memainkannya, kamu perlu menyiapkan sebuah kardus. Lalu, kardus tersebut diberikan lubang sebesar tangan pada salah satu sisinya. Setelah itu masukkan benda tertentu ke dalam kotak yang nantinya akan ditebak oleh pemain dengan cara meraba melalui lubang tersebut. 

  • Lomba sepak bola menggunakan sarung 

Peserta diharuskan menggunakan sarung Ketika lomba sepak bola ini. cara ini tentunya akan merepotkan semua pemain hingga membuat perlombaan menjadi lebih seru dan menyenangkan. 

  • Lomba memindahkan karet menggunakan sedotan 

Kompetisi ini harus memerlukan Kerjasama , solidaritas dan konsentrasi tinggi dari para pemainnya. Caranya adalah dengan membuat tim. Lalu setiap tim harus memindahkan karet menggunakan sedotan yang digigit di mulut tanpa bantuan tangan. Tim tercepat dan paling banyak memindahkan karet adalah pemenangnya. 

  • Lomba memukul air

Dalam permainan ini, tiap peserta harus memukul sebuah kantong plastik yang berisikan air yang diikat dengan tali. Namun sebelum itu, tubuh peserta akan diputar terlebih dahulu, kemudian berjalan lurus ke arah kantong air untuk memukulnya. Siapa yang berhasil memecahkan kantong balon tersebut akan menjadi pemenangnya. 

  • Lomba 17 Agustus yang kreatif 

  • Lomba membawa air menggunakan nampah 

Biasanya anak-anak melakukan lomba memindahkan air ke dalam gelas, orang tua juga bisa melakukan lomba membawa air yang unik, salah satu lombanya membawa air menggunakan nampah yang diletakkan di atas kepala. 

Bukan hal yang mudah, karena Ketika nampah diletakkan di atas kepala peserta harus menjaga keseimbangannya agar berhasil membawa air ke garis finish tanpa tumpah. 

  • Lomba memukul kendi

Biasanya kendi akan berisikan hadiah atau sejumlah uang yang membuat para peserta terpacu untuk mengikuti lomba. Selain itu, sebelum menutup mata peserta diperbolehkan menghitung Langkahnya ke arah kendi. Namun sebelum memulai lomba, peserta harus diputar dahulu sebanyak 5 kali. 

  • Lomba balap karung menggunakan helm 

Pada ide lomba 17 agustus ini, peserta diharuskan untuk berada di posisi jongkok di dalam karung dan menggunakan helm. Peserta ditantang untuk mencapai garis finish dengan menggunakan karung dan helm ini.

  • Lomba 17 Agustus yang murah 

  • Lomba membawa kelereng dengan sendok 

Lomba 17 agustus satu ini bisa dikatakan hemat biaya, karena kelereng merupakan salah satu mainan yang umumnya dimiliki oleh anak kecil. Lalu untuk sendoknya, kamu bisa membawa sendok sendiri dari rumah

  • Lomba melipat baju 

Meskipun menjadi sebuah kegiatan mudah dan rutin dilakukan setiap hari, melipat baju akan menjadi lomba yang seru. Kamu hanya perlu meminta peserta untuk membawa beberapa baju dari rumah. Kemudian setiap peserta harus berlomba untuk melipat baju paling cepat.

  • Lomba joget balon

Lomba ini dimainkan dengan peserta yang dipasangkan dan diberikan sebuah balon untuk diletakkan di perut atau di kepalanya. Kemudian mereka diminta untuk berjoget selama musik dimainkan dan diminta berhenti ketika musik berhenti.

Penentuan juara dari lomba ini dapat ditemukan melalui peserta yang dapat mempertahankan balonnya tidak pecah hingga akhir.

  • Lomba 17 Agustus kekinian 

  • Lomba lepas karet dari wajah

Tugas dari peserta lomba harus melepaskan karet yang di wajah menuju ke leher. Aturan mainnya yaitu karet akan dipasang atau diikatkan di kepala, namun posisinya berada di atas hidung. Kemudian peserta harus menurunkan karet tersebut menggunakan gerakan muka dan tidak boleh dibantu dengan tangannya. Maka dari itu, biar peserta bermain fair, maka tangan harus diikat di belakang badan.

Pemenang lomba diambil dari yang paling cepat dari satu group perlombaan, yang membuat para penonton tertawa adalah ekspresi peserta yang wajahnya akan mleyot-mleyot layaknya sticker chat.

  • Lomba makan kerupuk satu kaki

Jika biasanya lomba makan kerupuk hanya digantung dengan tali, maka Anda bisa mencoba ide lomba makan kerupuk sambil mengangkat kaki satu, jadi harus menahan keseimbangan juga.

Tali penggantung kerupuk dikaitkan dengan jempol kaki peserta dan diatur ketinggiannya supaya pas kaki diangkat satu, kerupuk berada tepat di depan mulutnya. Sehingga jika tidak bisa menjaga keseimbangan atau menurunkan kaki, maka kerupuk tidak bisa dimakan.

  • Lomba oper bola intip dari corong 

Setiap peserta akan dipasangkan corong ke wajah dan mengoper bola ke arah gawang. Corong bisa diganti dengan kertas karton bekas lomba mencantolkan topi kerucut. Atau bisa juga membuat baru lagi, sehingga menghemat anggaran lomba.

  • Lomba kecepatan memindahkan air dengan spon

Jika tadi memindahkan air dengan wadah, maka kini ada lomba memindahkan air dengan bantuan spon. Disini, peserta akan diminta untuk memikirkan cara mengumpulkan air sebanyak – banyaknya dengan bantuan spon dalam waktu singkat.

  • Lomba estafet kardus 

Jadi konsep lomba 17 agustus ini dengan membuat satu grup yang akan berpijak pada alas kardus, dan disediakan 2 atau tiga kardus sebagai alas estafetnya. Siapa yang mencapai garis finish terlebih dahulu, grup tersebut akan menjadi pemenangnya dengan syarat tanpa terjatuh atau tidak berpijak di kardus seluruhnya.

  • Lomba 17 Agustus berkelompok

  • Lomba bakiak 

Dalam permainan ini, para peserta harus berjalan bersama untuk menjaga keseimbangan dan berusaha untuk tidak jatuh. Bakiak sendiri merupakan sandal kayu panjang yang biasa menampung empat hingga enam peserta.

Agar tidak jatuh, permainan ini membutuhkan kerjasama antar anggota yang baik. Tidak heran bila permainan ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kerjasama dalam tim.

  • Lomba panjat pinang

Lomba panjat pinang juga menjadi salah satu lomba 17 Agustus yang paling sering diadakan. Dalam lomba panjat pinang, peserta harus memanjat batang pohon dan mendapatkan hadiah yang berada di atas batang pohon tersebut. Di permainan ini, para pemain harus saling membantu agar salah satu anggota tim bisa berhasil mencapai puncak.

  • Lomba tarik tambang

Tarik tambang adalah olahraga yang menguji kekuatan dengan menarik tali tambang. Dalam lomba ini terdiri dari dua kelompok yang berdiri pada kedua sisi tali. Kemudian, kedua kelompok tersebut menarik tali hingga melewati batas yang menyatakan bahwa salah satu kelompok menjadi pemenangnya.

  • Sarung voli

Lomba 17 agustusan ini memiliki aturan dengan olahraga voli pada umumnya. Perbedaannya adalah peserta melempar dan menangkap bola voli menggunakan sarung. Jadi, kekompakan tim dan semangat kompetisi setiap tim akan diuji dalam permainan ini.

Itulah beberapa rekomendasi lomba 17 agustus yang bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper